SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Reuters/Valentyn Ogirenko)

Solopos.com, PRAHA — Presiden Republik Ceko, Milos Zeman, Minggu (6/4/2014), mengatakan NATO harus menyebarkan pasukan di Ukraina jika Rusia menyerang bagian timur negara yang dilanda krisis itu.

Milos Zeman mengatakan harus ada konsekuensi jika Rusia memutuskan untuk mengikuti aneksasi atas semenanjung Laut Hitam Crimea bulan lalu dengan aksi militer lebih lanjut. “Jika Rusia memutuskan untuk memperpanjang ekspansi teritorial ke Ukraina timur, maka sesuatu yang menyenangkan berakhir,” katanya kepada sebuah stasiun radio di Ceko.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dalam hal ini, saya mungkin tidak hanya akan mempromosikan sanksi-sanksi terberat Uni Eropa, tetapi juga katakanlah kesiapan militer NATO, misalnya dengan pasukannya memasuki wilayah Ukraina,” katanya menambahkan.

Ekspedisi Mudik 2024

Ukraina telah diperintah oleh pemerintahan pro-Eropa sejak jatuhnya Presiden pro-Rusia Viktor Yanukovych pada Februari, di tengah protes besar-besaran terhadap pemerintahannya. Sebagian besar penduduk Crimea berbahasa Rusia pada Maret memberikan suara untuk menjadi bagian Rusia, dalam satu referendum yang diadakan buru-buru pada saat tentara Rusia berpatroli wilayah itu.

Beberapa daerah timur dengan populasi besar penduduk berbahasa Rusia ingin mengikuti Krimea dan menggelar referendum penggabungan dengan Rusia ketika Ukraina melakukan pemilihan presiden sela pada 25 Mei 2014. Washington yakin bahwa Moskow baru-baru ini mengirimkan sekitar 40.000 tentara berkumpul dekat perbatasan timur Ukraina.

Meskipun Moskow telah membantah rencana untuk memindahkan pasukannya di luar Crimea, sejauh ini hanya beberapa ratus tentara yang ditarik kembali dari wilayah perbatasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya