SOLOPOS.COM - Lakhdar Brahimi (Reuters)

Lakhdar Brahimi (Reuters)

DAMASKUS – Mediator perdamaian internasional Lakhdar Brahimi, yang menekan gencatan senjata sementara dalam perang sipil Suriah, bertemu dengan Presiden Bashar al-Assad di Damaskus, Minggu (21/10/2012). Dalam siaran televisi negara, tak ada rincian mengenai pembicaraan.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Brahimi telah menyerukan gencatan senjata selama liburan idul Adha pada akhir pekan ini untuk membendung pertumpahan darah dalam konflik berdarah yang telah berlangsung 19 bulan di Suriah dan menurut para aktivis telah menewaskan sedikitnya 30.000 orang.

Brahimi, utusan perdamaian PBB dan Liga Arab, telah berkeliling di negara-negara kawasan itu dengan tujuan meyakinkan pendukung utama Assad maupun musuh-musuhnya untuk mendukung gagasan gencatan senjata Idul Adha, yang rencananya dimulai pada Kamis (25/10/2012) sore.

Sebelum bertemu Assad, Brahimi telah mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Suriah, Walid al-Moualem, Sabtu (19/10/2012). Pihak kementerian menggambarkan pembicaraan itu berlangsungh “konstruktif dan serius”.

Suriah sejauh ini memberikan respons bersyarat atas usulan gencatan senjata Brahimi itu. Mereka menginginkan hal yang sama dari kubu pemberontak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya