SOLOPOS.COM - Salah satu sudut Pasar Souk al-Madina di Aleppo, Suriah. (wikipedia.org)

Salah satu bagian lorong berkubah batu Souk al-Madina di Kota Aleppo, Suriah, yang merupakan salah satu warisan budaya dunia. (google)

BEIRUTRatusan toko di sebuah pasar kuno diAleppo terbakar, Sabtu (29/9/2012), menyusul pertempuran antara pemberontak dan pasukan pemerintah dikota terbesar Suriah itu. Salah satu situs warisan dunia beurut menurut UNESCO itu pun terancam hancur.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut kelompok aktivis seperti Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, perang saudara kini berkecamuk di Suriah setelah 18 bulan pemberontakan antirezim Presiden Bashar al-Assad, telah menewaskan lebih dari 30.000 orang. Selain jumlah korban jiwa yang dramatis, banyak harta karun bersejarah Suriah juga menjadi korban menyusul hancurnya kota-kota tua akibat konflik berdarah.

Melalui fasilitas Skypei, aktivis di Aleppo mengatakan, tentara penembak jitu yang membuat mereka sulit mendekati Souk al-Madina, pasar abad pertengahan yang selama ini menjadi daya tarik kuat para wisatawan. Pasar  di bagian Kota Tua tersebut mempunyai gang-gang berkubah batu dan tiang-tiang kayu berukir.

Sebuah video yang diunggah di YouTube menunjukkan asap hitam tebal menggantung di ataskota. Menurut para aktivis, sekitar 700-1.000 toko di lingkungan pasar itu kemungkinan telah habis dilalap api.

Salah satu sudut Pasar Souk al-Madina di Aleppo, Suriah. (wikipedia.org)

Kota Tua Aleppo merupakan salah satu dari beberapa lokasi yang menjadi bagian dari situs warisan budaya dunia berdasarkan UNESCO, yang terancam musnah akibat konflik bersenjata di Suriah. UNESCO yakin, lima dari enam situs warisan dunia di Suriah, termasuk kota gurun kuno Palmyra, benteng Crac des Chevaliers dan bagian kotatua di Damaskus, telah terpengaruh konflik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya