SOLOPOS.COM - Pengungsi Rohingya di Lhokseumawe, Aceh. (JIBI/Solopos/Antara/Irwansyah Putra)

Presiden Jokowi melepas 10 kontainer berisi bantuan Indonesia ke Rakhine State, tempat krisis kemanusiaan terhadap etnis Rohingya terjadi.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan ke Rakhine State, Myanmar Utara, yang menjadi basis minoritas Muslim Rohingya, pada Kamis (29/12/2016) pagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari catatan panitia, bantuan yang dikirimkan melalui Dermaga III Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, itu terdiri atas 10 kontainer yang berisikan mi instan, makanan bayi berupa gandum dan sereal, serta sarung.

“Barang-barang ini merupakan barang memang yang diminta dari sana setelah Menteri Luar Negeri berkomunikasi beberapa kali dengan Pemerintah Myanmar,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Presiden menegaskan, diplomasi Indonesia telah berjalan dan kepedulian Indonesia sudah ditunjukkan tanpa kegaduhan. Presiden mengemukakan pada 6 Desember 2016 lalu dirinya telah mengutus Menlu Retno Marsudi untuk bertemu pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi, untuk menyampaikan empat pesan.

Keempat pesan tersebut yaitu pentingnya segera dibuka akses kemanusiaan ke Rakhine State, penciptaan stabilitas dan perdamaian di Rakhine State, serta menegaskan perlunya perlindungan dan penghormatan hak azasi manusia, khususnya untuk komunitas Muslim Rohingya.

“Pesan yang sama saya ulangi pada saat bertemu dengan Kofi Annan di Bali, 9 Desember 2016 dan Menteri Luar Negeri Indonesia juga menegaskan kembali hal tersebut pada pertemuan retreat para menlu ASEAN di Yangoon, 19 Desember 2016,” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi berharap bantuan dari Indonesia ini diterima dengan baik sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dan harapan dirinya agar perdamaian, stabilitas, dan harmoni segera tercipta di Rakhine State. Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) Elvyn G. Masyasya, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. M. Iriawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya