SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Washington [SPFM], Militer Amerika Serikat memerintahkan satu unit marinir yang mengkhususkan diri pada respons darurat nuklir untuk berangkat ke Jepang. Tim marinir AS tersebut akan membantu otoritas Jepang dalam menghadapi krisis nuklir yang tengah terjadi.

Sebanyak 155 marinir dari unit Chemical Biological Incident Response Force (CBIRF) dijadwalkan bertolak dari AS pada hari ini Kamis (31/3)dan tiba di Jepang pada Jumat (1/4) besok. Demikian diungkapkan seorang pejabat pertahanan AS kepada kantor berita AFP.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim CBIRF tersebut terlatih dalam mengidentifikasi zat-zat kimia, memonitor level radiasi dan dekontaminasi personel. Seorang pejabat militer AS lainnya menyebut pengerahan marinir tersebut sebagai langkah untuk berjaga-jaga.

Tim ini juga sebagai “unit respons awal” karena hanya merupakan bagian dari unit CBIRF yang lebih besar yang ditempatkan di Indian Head Naval Surface Warfare Center, Maryland. Unit tersebut terlatih khusus untuk menghadapi dampak insiden kimia, biologi, radiologi, nuklir atau bahan peledak yang biasanya membantu badan-badan lokal, negara bagian atau federal dalam respons mereka. [dtc/lia]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya