SOLOPOS.COM - Di tengah krisis global, negara mana yang punya utang terbanyak di dunia? Jawabannya adalah Jepang. (Ilustrasi/Bisnis.com)

Solopos.com, SOLO — Di tengah krisis global yang membayangi, negara mana yang memiliki utang terbanyak di dunia? Saat ini dunia tengah berjuang melawan krisis akibat dampak pandemi Covid-19 dan perang Ukraina melawan Rusia yang tak kunjung reda.

Akibatnya ada sejumlah negara, termasuk negara maju dan besar yang memiliki utang dalam jumlah utang yang sangat besar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri Keuangan, Sri Mulyani pernah mengatakan bahwa banyak negara harus berutang dalam jumlah besar untuk mengelola negaranya.

Bahkan negara sebesar Amerika Serikat dan Jepang utangnya saat ini di atas 100 persen-200 persen dari Gross Domestic Product (GDP).

Ekspedisi Mudik 2024

“Siapa negara kaya yang tidak berutang. Amerika Serikat? Negara dengan ekonomi terbesar di dunia, utangnya 100 persen dari GDP, itu menakutkan. Jepang? 200 persen dari GDP,” kata Sri Mulyani, dalam tayangan Youtube Deddy Corbuzier, Kamis (6/1/2022).

Baca Juga: Total Utang Indonesia Saat Ini Capai Rp7.014 Triliun, Masih Aman?

Sri Mulyani menerangkan, ada instrumen lain bila suatu negara tidak mau mengandalkan utang untuk membangun negaranya, caranya dengan mencetak uang sebanyak-banyakanya. Namun, hal ini ada risiko besar yakni akan meningkatkan inflasi yang sangat besar dan membuat uang negara tersebut tidak berharga.

“Kalau mencetak uang, maka terjadi inflasi. Kesulitan kita kalau lagi ngomongin ekonomi, orang kadang-kadang ingin mencari solusi yang gampang dan instan, dan lebih bahaya lagi yang no pain [tanpa beban] serta mudah,” ungkap Sri Mulyani

Lantas negara mana memiliki utang terbanyak di dunia?

World Population Review telah merilis daftar negara dengan utang terbanyak 2022. Seperti diungkapkan Sri Mulyani, jawabannya adalah Jepang.

Baca Juga: Ini Dia 10 Negara Pemberi Utang Indonesia

Negara dengan populasi sebanyak 127.185.332 jiwa itu tercatat memiliki utang nasional terbanyak di dunia yakni sebesar 234,18% dari PDB.

Utang nasional Jepang saat ini mencapai angka USD9,087 triliun atau 1,028 triliun yen. Atau bila dirupiakan setara Rp132.300.000 triliun (kurs Rp14.700). Tak heran jika Jepang menempati urutan pertama negara dengan utang terbanyak 2022.

Jepang mengalami penurunan tajam di pasar modal yang mengakibatkan pemerintah melakukan bailout terhadap bank dan perusahaan asuransi, dengan memberi kredit berbunga rendah. Namun, tindakan ini justru mengakibatkan utang nasional Jepang meroket tajam.

Baca Juga: Perang Ukraina Berlanjut, Ketum Kadin Ajak Antisipasi Krisis Global

Lantas bagaimana dengan utang Indonesia? Indonesia masuk dalam daftar negara berpendapatan menengah dan bawah dengan utang luar negeri (ULN) terbesar.

Seperti dilansir Bisnis.com, belum lama ini, Kementerian Keuangan melaporkan posisi utang pemerintah berada di angka Rp7.014,58 triliun hingga akhir Februari 2022 dengan rasio utang pemerintah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 40,17 persen.

Posisi tersebut meningkat jika dibandingkan dengan posisi utang per 31 Januari 2022 yang berada di angka Rp6.919,15 triliun atau 39,63 persen dari PDB. Ini artinya, ada pertambahan utang sebanyak Rp95,43 triliun dalam waktu satu bulan.

Baca Juga: Ingatkan Krisis Global Bisa Berlanjut Hingga 2023, Ini Pesan Jokowi

Sementara itu berdasarkan laporan International Debt Statistics (IDS) 2022 yang dirilis Bank Dunia, ULN Indonesia berada di posisi ke-7 dengan angka mencapai USD417,53 miliar per akhir 2020.

Nilai ini naik sebesar 3,8 persen dari tahun sebelumnya. Persentase rasio utang nasional Indonesia terhadap PDB berdasarkan data World Population Review adalah sebesar 29,29 persen.

Itulah ulasan tentang negara dengan utang terbanyak di dunia yang ternyata diduduki oleh Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya