SOLOPOS.COM - dua anak gadis Palestina berlari dari rumah mereka yang hancur akibat serangan udara Israel di Gaza Utara, Minggu (18/11/2012). (REUTERS)

dua anak gadis Palestina berlari dari rumah mereka yang hancur akibat serangan udara Israel di Gaza Utara, Minggu (18/11/2012). (REUTERS)

GAZA – Sekjen PBB Ban Ki-moon menyerukan semua pihak dalam konflik Gaza untuk segera menghentikan serangan-serangan. Diingatkan pemimpin badan dunia itu, eskalasi akan membahayakan seluruh wilayah Timur Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Semua pihak harus menghentikan serangan segera,” kata Ban, Selasa (20/11/2012).

“Eskalasi lebih jauh dari situasi ini akan membahayakan seluruh wilayah,” tutur Ban usai pertemuan dengan Ketua Liga Arab Nabil al-Arabi.

“Saya mengunjungi wilayah ini dikarenakan situasi yang mengkhawatirkan di Gaza,” ujar Ban. “Saya di sini untuk meminta secara pribadi, dihentikannya kekerasan,” tandasnya.

Ban juga mengingatkan Israel untuk tidak melancarkan serangan darat ke Gaza. “Itu hanya akan mengakibatkan tragedi lebih besar,” cetusnya. “Sekali lagi, keluarga-keluarga dan anak-anak sekarat akibat kekerasan yang tak masuk akal,” tutur Ban.

Ban selanjutnya akan pergi ke Israel dan Tepi Barat, Palestina untuk mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Palestina Mahmud Abbas.

Serangan-serangan intensif Israel telah menewaskan sekitar 112 warga Palestina sejak 14 November lalu. Lebih dari 900 orang lainnya luka-luka. Sejumlah korban luka saat ini dalam kondisi kritis.

Militer Israel mengklaim telah melancarkan lebih dari 1.350 serangan udara dan laut terhadap Jalur Gaza sejak 14 November.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya