SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

Kanalsemarang.com, BANJARNEGARA- Ribuan warga di sejumlah desa di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, dilaporkan kesulitan memperoleh air bersih sehingga harus mencarinya ke wilayah lain.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami memang menerima informasi kalau warga di wilayah pegunungan selatan Banjarnegara mulai kesulitan air bersih. Namun sampai sekarang, kami belum menerima permohonan bantuan penyaluran air bersih,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Tursiman seperti dikutip Antara, Kamis (18/9/2014).

Menurut dia, warga di pegunungan selatan Banjarnegara yang meliputi Kecamatan Pagedongan, Bawang, Purwanegara, Mandiraja, dan Susukan itu masih bisa mendapatkan air bersih dari sejumlah mata air dan sungai di sekitar mereka.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa pihaknya siap menyalurkan air bersih jika ada permohonan bantuan dari warga melalui pemerintah desa setempat.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan Bakorwil (Badan Koordinasi Wilayah) III Jateng di Purwokerto terkait penyaluran air bersih tersebut,” katanya.

Ia mengatakan berdasarkan data BPBD Banjarnegara, sebanyak 21 desa yang tersebar di tujuh kecamatan termasuk wilayah rawan kekeringan.

Akan tetapi hingga sekarang, kata dia, belum ada satupun desa rawan kekeringan yang mengajukan permohonan bantuan air bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya