Tutup Iklan

KRIMINALITAS SOLO : Pria Semanggi Pura-Pura Jual Istri via Facebook Lalu Peras Korbannya

KRIMINALITAS SOLO : Pria Semanggi Pura-Pura Jual Istri via Facebook Lalu Peras Korbannya

SOLOPOS.COM - Wakasatreskrim Polresta Solo AKP Sutoyo (kanan) menunjukkan dua tersangka pemerasan di Mapolresta Solo, Selasa (27/2/2018). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Seorang pria asal Semanggi, Solo, pura-pura menjual istrinya via Facebook untuk memeras orang.

Solopos.com, SOLO -- Denny Prihantoro, 25, warga Kampung Kenteng RT 001/RW 007, Semanggi, Pasar Kliwon, ditangkap aparat Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Surakarta atas kasus pemerasan. Denny pura-pura menjual istrinya, F, 26, melalui media sosial Facebook lalu memeras korbannya.

Dalam aksinya, Denny dibantu Sutrisno, 34, warga Kampung Ngrancang RT 003/RW 004, Mantingan, Ngawi, Jawa Timur. Keduanya kini mendekam di ruang tahanan Mapolres Surakarta untuk mempertanggungjawabkan perbuatan mereka.

“Saya menawarkan istri lewat Facebook lalu ada yang tertarik. Setelah berkenalan lewat medsos kemudian berjanji kencan berdua di salah satu hotel di kawasan Gajahan, Pasar Kliwon, pada 28 Januari pukul 17.00 WIB,” ujar Denny kepada wartawan di Mapolresta Solo, Selasa (27/2/2018).

Denny menjelaskan setelah F masuk ke dalam kamar bersama pelanggan, dia langsung datang bersama Sutrisno untuk melakukan penggerebekan. Pelanggan dimintai uang damai senilai Rp10 juta sebagai syarat menutup kasus perselingkuhan ini.

Baca juga:

Korban dalam kasus ini berinisial BC, 36, warga Kampung Joyosudiran RT 001/RW 012, Kelurahan Pasar Kliwon, Pasar Kliwon, Solo, dan diketahui sudah punya istri dan anak. “Saya sakit hati dengan istri kemudian memanfaatkannya untuk memeras orang lain. Saat berkenalan dengan pelanggan lewat Facebook, F mengaku sebagai janda anak dua,” kata dia.

Ia menjelaskan uang hasil kejahatan habis dibagi bersama Sutrisno untuk membayar utang dan membeli barang berupa tas dan speaker. Wakasatreskrim Polresta Solo AKP Sutoyo mewakili Kapolresta Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo menjelaskan F sementara ini masih berstatus sebagai saksi.

F Diduga kuat ikut terlibat dalam kasus pemerasan ini. Denny dan Sutrisno ditangkap di pinggir jalan kawasan Manahan.

“Modus pelaku berpura-pura menjual istri ke pelanggan melalui Facebook. Kemudian si suami menggerebeknya di hotel dan meminta uang damai senilai Rp10 juta kepada korban. Kami mengamankan barang bukti berupa dua tas perempuan dan speaker,” kata Sutoyo kepada wartawan.

Sutoyo mengungkapkan Denny tidak puas dengan hanya diberi uang damai Rp10 juta. Denny kemudian mendatangi rumah BC dua pekan kemudian untuk meminta uang lagi. Namun, BC tidak memberinya dan melaporkan kasus pemerasan itu ke polisi.

Kedua tersangka dijerat Pasal 368 KUHP jo 369 KUHP tentang Pemerasan dengan ancaman hukuman maksimal sembilan tahun penjara.

Berita Terkait

Berita Terkini

Setahun Lebih Pandemi Covid-19, Ini Hambatan Terberat Bagi Nakes Solo

Para tenaga kesehatan atau nakes di Kota Solo menghadapi banyak tantangan dan hambatan dalam menangani kasus Covid-19 selama pandemi.

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.