Tutup Iklan

KRIMINALITAS SOLO : Dijambret, 2 Perempuan Ini Kejar Pelaku hingga Tertangkap

KRIMINALITAS SOLO : Dijambret, 2 Perempuan Ini Kejar Pelaku hingga Tertangkap

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Dua perempuan yang menjadi korban jambret mengejar dua orang pelaku hingga tertangkap di Jebres, Solo.

Solopos.com, SOLO -- Dua pria penjambret ini kena batunya. Aksi mereka menjambret tas dua perempuan yang berboncengan naik sepeda motor Jl. Ir. Sutami, Jurug, Jebres, Solo, Jumat (9/2/2018), berakhir di ruang tahanan kepolisian.

Semua itu berkat keberanian dua perempuan yang jadi korban, yakni Vita Handika Prastyawati, 21, warga Dukuh Daleman RT 006/RW 006 Desa Ngringo, Jaten, Karanganyar, dan temannya, Miftaqul Lharima, 22. Setelah tasnya dijambret oleh dua lelaki itu, mereka langsung mengejar sambil berteriak-teriak jambret.

Vita dan temannya yang berboncengan naik sepeda motor Honda Revo berpelat nomor AD 6630 RT terus mengejar pelaku yang mengendarai Supra X berpelat nomor AD 4698 HR. Sementara warga sekitar yang mendengar teriakan mereka ikut membantu.

Kedua pelaku akhirnya ditangkap korbannya bersama warga di Kampung Wonosaren, Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, sekitar pukul 23.05 WIB, kemudian diserahkan ke polisi. "Kedua pelaku hampir dihajar massa warga yang sedang emosi. Kami langsung mengamankan kedua pelaku ke Mapolsek Jebres untuk ditahan serta dimintai keterangan lebih lanjut," kata Kapolsek Jebres Kompol Juliana mewakili Kapolresta Kombes Pol. Ribut Hari Wobowo, Minggu (11/2/2018).

Kompol Juliana mengungkapkan kedua pelaku itu diketahui bernama Julianto, 32, warga Kampung Kusumodilagan RT 001/RW 012, Joyosuran, Pasar Kliwon, Solo, dan Hanas Aprianto, 22, warga Dusun Kancang RT 002/RW 010, Desa Bangsri, Karangpandan, Karanganyar. Mereka menjambret tas milik Vita yang sedang dalam perjalanan pulang kerja di Jl. Ir. Sutami kawasan Jurug, Jebres.

Kedua penjambret membuntuti Vita dan Miftaqul Lharima yang baru pulang bekerja dari Karanganyar kota melewati Jl. Ir. Sutami. Kedua pelaku tiba-tiba muncul dari belakang dan mengambil paksa tas milik Vita.

"Kedua pelaku langsung kabur setelah berhasil membawa tas milik Vita. Vita bersama temannya Miftaqul tidak diam begitu saja. Mereka berdua berteriak maling sambil mengejar kedua pelaku. Kami mendapatkan informasi ada kasus jambret langsung ke lokasi kejadian," ujar Juliana.

Polsek Jebres, lanjut dia, mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor sepeda motor Honda Supra X berpelat nomor AD 4698 HR sebagai sarana kejahatan, tas warna cokelat, dompet, dua unit ponsel, dan uang tunai Rp150.000. Kerugian kasus ini ditaksir senilai Rp3 juta.

"Kami menjerat kedua pelaku jambret dengan Pasal 363 KUHP tentang Curat [Pencurian dengan Pemberatan] dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara," kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.

Wisata Kedungombo Dibuka Lagi, Terapkan Prokes Ketat

Seiring selesainya proses pencarian korban perahu terbalik, kemudian wisata Kedungombo dibuka kembali.

Tribun Sinagoge di Tepi Barat Ambruk, 2 Tewas & 100 Terluka

Musibah maut menyeruak di tengah konflik berdarah Israel dan Palestina ketika tribun sebuah sinagoge di Tepi Barat, Palestina ambruk.