SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, SLEMAN – Polsek Kalasan menangkap dua penipu calon tenaga kerja, Rabu (30/7/2014) malam. Untuk meyakinkan korban, salahsatu tersangka yang ditangkap mengaku sebagai informan Badan Intelijen Negara (BIN).

Kedua tersangka yang ditangkap yakni Dirga Bayu Baskara, 47, pemilik KTP ganda sebagai warga Girikerto, Turi dan warga Klurak Tamanmartani, Kalasan. Ia termasuk salahsatu tersangka yang mengaku sebagai informan BIN dengan menenteng senjata air soft gun saat menemui para korban. Sedangka tersangka satunya lagi yaitu Septian Budi Cahya, 27, asal Purwomartani, Kalasan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kapolsek Kalasan Kompol Heli Wijiyatno menjelaskan, penangkapan tersangka berawal dari laporan Muh Turmudi, 36, warga Wonokromo, Pleret, Bantul. Pada bulan Juni 2014 lalu korban datang ke rumah tersangka di Purwomartani, Kalasan kemudian ditawari pekerjaan menjadi karyawan atau satpam di PT Angkasa Pura. Tersangka memberikan sejumlah syarat administrasi seperti foto ijazah, KTP dan uang administrasi.

“Khusus untuk korban diminta Rp3,7 juta, ikut perekrutan satpam. Karena tidak memiliki ijazah satpam,” terangnya saat dimintai konfirmasi melalui ponsel, Kamis (31/7).

Sedangkan korban lain, lanjutnya, yang memiliki ijazah satpam hanya diminta membayar Rp2 juta. Para korban kemudian diberikan pelatihan di wisma Candisari. Pemberi materi dalam pelatihan itu pun dilakukan kedua tersangka.

“Hasil penyidikan ada sebelas orang yang mengikuti pelatihan dan diberikan materi oleh kedua tersangka sendiri pada bulan Juni,” imbuhnya.

Korban dijanjikan masuk kerja pada tanggal 3 Juli. Kendati demikian kedua tersangka tak menepati janji kemudian korban melapor ke kepolisian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya