SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Kriminalitas Klaten, ada 90 anak di Klaten yang berhadapan dengan hukum sepanjang Januari-Oktober 2016.

Solopos.com, KLATEN — Polres Klaten mencatat ada 90 anak yang harus berhadapan dengan hukum (ABH) sepanjang Januari-Oktober 2016.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

ABH tersebut, terutama yang menjadi pelaku, diharapkan tak sampai dikeluarkan dari sekolah alias di-drop out (DO). Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Klaten, Surti Hartini, mengatakan status 90 anak tersebut beragam yakni sebagai saksi, korban, hingga pelaku.

“Kasusnya itu ada 40-an. Jenisnya beragam ada pencurian, penganiayaan, atau yang menjadi korban kejahatan seksual,” kata Surti saat ditemui wartawan di Setda Klaten, pekan lalu.

Surti mengatakan anak-anak memiliki hak mendapatkan pendidikan mereka. Karena itu ia berharap meski berhadapan dengan hukum, anak-anak tetap bisa mendapatkan pendidikan.

“Setelah selesai mereka tetap bisa dipulihkan kembali. Harapannya, sekolah tetap bisa menerima mereka,” kata dia.

Beberapa waktu lalu, Dinsosnekartrans mengadakan sosialisasi penanganan ABH yang ditujukan ke para guru bimbingan konseling (BK). “Mereka diberikan penjelasan dari PN [Pengadilan Negeri] soal sistem peradilan anak. Lebih penting lagi bagaimana upaya preventif agar anak tidak berhadapan dengan hukum. Harapannya, masing-masing guru ini bisa menularkan informasi yang didapat ke banyak pihak termasuk orang tua,” urai dia.

Ketua PN Klaten, Djamaludin Ismail, mengatakan selama ini penanganan kasus ABH dilakukan terpadu mulai dari tingkat kepolisian hingga Lembaga Pemasyarakatan (LP). “Yang perlu ditekankan itu sebenarnya bagaimana pola preventif agar tidak banyak anak yang berhadapan dengan hukum. Kami mencatat kasus ABH di semester pertama 2016 yang sampai di pengadilan ada penurunan hingga 35 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya