Kreesss... Ada Piza Belalang di Gunungkidul, Mau Coba?
Piza belalang dari Gunungkidul, DIY. (Detik.com)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL – Kuliner ekstrem berupa belalang goreng di Gunungkidul, DIY, sudah cukup terkenal. Kini, warga mengembangkan belalang tersebut sebagai topping olahan piza.

Makanan unik tersebut dibuat oleh Sudarmadi Widodo, seorang penjual piza di Gunungkidul. Ide tersebut dia dapatkan dari keinginannya memanfaatkan bahan lokal untuk membuat makanan internasional.

"Saya ingin memanfaatkan potensi lokal pada menu-menu piza di tempat saya. Karena, sapi dan ayam sudah maka sekarang coba pakai belalang," katanya saat ditemui wartawan di tempat kerjanya, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (6/2/2021), seperti dilansir Detik.com, Minggu (7/2/2021).

Baca juga: Cinta Suprapto & Sri Si Peri Penunggu Waduk Lalung Karanganyar

Sudarmadi mengatakan, beberapa bulan terakhir piza buatannya cukup laris di Gunungkidul. Apalagi jika menu piza yang ditawarkan memanfaatkan potensi lokal seperti daging sapi, ayam, hingga belalang.

"Jadi belalang tidak hanya belalang goreng, bisa juga piza belalang. Ya biar ada variasi saja karena kan setiap orang memiliki cara berbeda untuk menikmati bahan makanan," ujarnya.

Proses pembuatan piza belalang ini sama seperti pada umumnya. Selain belalang, adonan diberi topping lain seperti paprika, daging sapi olahan, serta keju.

"Setelah itu dimasukkan ke dalam oven selama kurang lebih 10 menit dan piza belalang pun siap dihidangkan. Jadi untuk toping belalangnya itu belalang goreng," katanya.

Baca juga: Jenang Saren, Kuliner Legit Khas Solo yang Mulai Langka

Sudarmadi menambahkan, menu piza yang satu ini ternyata disukai pelanggan kedainya di sekitar bundaran Siyono, Kapanewon Playen. Harga satu loyang piza unik yang berukuran kecil adalah Rp35.000.

"Piza belalang ini tidak setiap hari ada, sistemnya pembeli bisa memesan sehari sebelumnya karena belalangnya harus dipersiapkan dulu agar tidak gosong saat dioven," ucapnya.

Sumber: Detik.com



Berita Terkini Lainnya








Kolom