SOLOPOS.COM - Ilustrasi layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di perbankan. (JIBI/Solopos/Antara)

Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah Rp19,14 triliun yang disalurkan ke Jawa Tengah (Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG — Realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Provinsi Jawa Tengah selama tahun 2016 mencapai Rp19,14 triliun atau berkontribusi 17,25% dari nasional. Realisasi penyaluran KUR di Jateng tersebut melampaui target awal yang hanya Rp15 triliun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk penyaluran KUR secara nasional pada periode yang sama mencapai Rp110,981 triliun,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop dan UKM) Jawa Tengah Ema Rachmawati di Semarang, Senin (9/1/2017).

Sebagai perincian, untuk KUR yang diserap sektor mikro mencapai Rp14,09 triliun, KUR ritel senilai Rp5,004 triliun, dan KUR TKI Rp0,046 triliun. Sebagai perbandingan, secara nasional KUR untuk sektor mikro totalnya Rp76,51 triliun, KUR ritel adalah Rp34,34 triliun dan KUR TKI 0,131 triliun.

Sedangkan dari sisi jumlah debitur, untuk debitur KUR Mikro di Jawa Tengah sebanyak 992.981 debitur, sektor ritel sebanyak 41.892 debitur dan khusus TKI sebanyak 3.084 debitur. “Total debitur yang menyerap KUR pada tahun 2016 sebanyak 1.037.957 debitur,” katanya.

Sementara itu, jika pada awalnya lembaga keuangan penyalur KUR di Jawa Tengah hanya ada BRI, BNI dan Bank Mandiri, saat ini jumlahnya sudah mencapai 10 lembaga keuangan. Selain ketiga bank milik negara tersebut, lembaga keuangan lain yang juga telah ditunjuk secara resmi oleh pemerintah sebagai penyalur KUR adalah BCA, Bank Arta Graha, BPD Jateng, BTPN, Adira Finance, Mega Central Finance dan Kospin Jasa.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya