SOLOPOS.COM - Ilustrasi layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di perbankan. (JIBI/Solopos/Antara)

Kredit usaha rakyat, KUR di Karanganyar pada 2016 digelontor Rp315 miliar.

Solopos.com, KARANGANYAR–Sebanyak 25.494 warga Karanganyar telah memanfaatkan layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Karanganyar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nilai kredit yang dikucurkan Rp232,48 miliar. Penjelasan itu disampaikan Manajer Bisnis Mikro (MBM) BRI Cabang Karanganyar, Widodo, saat ditemui Solopos.com, seusai Sosialisasi Kartu IUMK dan Percepatan Penyerapan KUR, di Rumdin Bupati Karanganyar, Senin (14/3/2016).

“Data sampai akhir Februari, untuk KUR mikro kita sudah salurkan Rp232.481.000.000 untuk 25.494 orang. Kami terus pacu serapan dana KUR ini melalui sosialisasi dan penyebaran brosur. Mudah-mudahan tahun ini meningkat tajam,” tutur dia.

Widodo menjelaskan Rp232,48 miliar KUR mikro disalurkan melalui unit-unit BRI Karanganyar. Saat ini tercatat ada 26 unit BRI yang tersebar di 17 wilayah kecamatan di Karanganyar. Selain unit, BRI mempunyai 13 teras, dan satu teras mobile atau keliling.

Pinjaman KUR mikro diperuntukkan pelaku usaha mikro kecil dengan plafon pinjaman Rp25 juta per peminjam. Widodo optimistis serapan dana KUR 2016 akan naik dibandingkan 2015. Sebab terjadi peningkatan serapan KUR pada Januari-Februari 2016.

“Pada dua bulan awal 2016 kami salurkan dana KUR Rp68,7 miliar, dari total ketersediaan dana Rp315 miliar. Serapan pinjaman Rp68,7 miliar di dua bulan awal 2016 ini sudah masuk perhitungan total serapan dana KUR mikro Rp232,48 miliar,” kata dia.

Widodo menerangkan pinjaman KUR mikro bisa dilayani tanpa anggunan, dan persyaratannya relatif mudah. Bila terjadi tunggakan, bisa diajukan klaim ke lembaga penjamin. Tapi nasabah atau peminjam tetap berkewajiban melunasi tunggakan dana.

“Bila nasabah meninggal dunia, pinjaman akan dilunasi lembaga penjamin. Tapi petugas BRI tetap akan menagih tunggakan. Pinjaman wajib dilunasi, dalam hal ini oleh ahli waris. Pinjaman KUR mudah persyaratannya, silahkan datang ke unit BRI terdekat,” ujar dia.

Widodo menambahkan BRI juga melayani pinjaman KUR ritel dengan plafon anggaran Rp500 juta per peminjam. Layanan pinjaman KUR ritel dilakukan di Kantor BRI Cabang Karanganyar. Pinjaman KUR diharapkan bisa memacu dinamika ekonomi warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya