SOLOPOS.COM - Kredit mikro ilustrasi

Kredit mikro ilustrasi

JOGJA—Bank Perkreditan Rakyat (BPR) DIY mengklaim telah menyalurkan dana pinjaman hingga Rp2,2 triliun sampai Februari 2012 lalu. Hampir separuh dari total kredit tersebut diakses warga Sleman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Umum Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) DIY, Tedy Alamsyah menyatakan, jumlah dana yang disalurkan jauh lebih besar daripada yang dihimpun yakni sebanyak Rp1,9 tirliun.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sehingga LDR (Loan to Deposit Ratio-rasio kredit terhadap pendanaan) nya kan 113,96 (persen),” terang Tedy, Senin (23/4).

Dari total dana yang disalurkan itu, hampir separuhnyanya atau sekitar Rp1 triliun disalurkan ke Sleman. Kelompok UMKM seperti pedagang kaki lima paling banyak memanfaatkan pinjaman BPR.

“Di Sleman ini banyak industri yang tidak dibiayai bank umum. Karena daerah ini banyak mahasiswa sehingga banyak menumbuhkan industri kecil,” ungkapnya.

Sebaran kredit ke dua terbesar berada di Bantul menyusul Kota Jogja, Gunungkidul dan terakhir Kulonprogo. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya