SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Kredit empat pejabat Bantul senilai Rp1 miliar pada Juni 2003 untuk menalangi pengadaan komputer dari Jepang diketahui cair atas jaminan Bupati Bantul Idham Samawi kala itu.

Konsultan Hukum Bank Pasar Bantul Achiel Suyanto kepada wartawan, Kamis (13/10) mengungkapkan, kredit yang kini berbuntut perkara hukum itu diloloskan Bank Pasar Bantul karena ada jaminan dari Idham. Lantaran dianggap untuk kepentingan Pemkab. “Pak Idham sendiri yang memberikan jaminan,” terang Achiel.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Empat pejabat yang mengajukan kredit yakni Asisten Tata Praja Sumarno Projosumardi (sekarang wakil bupati), Asisten Perekonomian dan Pembangunan Gendut Sudarto (kini Sekda nonaktif), Kepala KPDE Agustinus Sumasriyana dan  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sudarman (saat ini pensiun).

Ekspedisi Mudik 2024

Setiap pejabat menerima kredit masing-masing Rp250 juta. Kredit diajukan untuk menalangi pengadaan 2.000 unit komputer dari Jepang yang merupakan program Pemkab memajukan dunia pendidikan. Meski akhirnya, ribuan komputer tersebut tak jadi dikirim karena terganjal aturan yang melarang impor barang bekas.

Dikatakannya pula, kredit diajukan tanpa agunan. Empat nasabah cukup menunjukan SK pengangkatan mereka sebagai pejabat sekaligus jaminan dari Bupati. Namun ternyata hingga jatuh tempo Desember 2003 terpaksa molor hingga 2005. Lantaran itu pula Bank Indonesia menemukan adanya kredit macet di Bank Pasar milik Pemkab Bantul itu.

Tak hanya itu, bunga dan dendanya juga tak dibayar. Namun Achiel menganggap urusan itu sudah selesai.

“Apanya lagi yang mau dipersoalkan,” tegasnya. Meski begitu dirinya mengaku tak masalah bila kemudian persoalan ini ditangani Kejaksaan Tinggi (Kejati). Adapun terkait dugaan gratifikasi yang dialamatkan ke empat pejabat itu dibantah Achiel. Menurutnya tak ada satu pun unsur gratifikasi yang terpenuhi.

“Tidak ada yang diuntungkan, gratifikasinya di mana, kredit juga sudah dikembalikan,” lanjutnya. Sementara itu, bekas Bupati Bantul Idham Samawi saat dihubungi melalui telepon tidak menjawab. (HARIAN JOGJA/Bhekti Suryani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya