SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Bank Indonesia (BI) mencatat kredit perbankan selama pekan ketiga Desember 2010 mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Dalam sepekan terakhir kredit tumbuh Rp 7,22 triliun menjadi Rp 1.708,15 triliun

Demikian hasil Operasi Pasar Terbuka (OPT) Bank Indonesia yang disampaikan Kepala Biro Humas BI Difi Ahmad Johansyah di Jakarta, Rabu (22/12).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Peningkatan tersebut bersumber dari kenaikan kredit rupiah senilai Rp 4,04 triliun dan kredit valas Rp 3,1 triliun,“ ujar Difi.

Dengan demikian, sepanjang 2010 kredit telah meningkat Rp 277,95 triliun atau senilai 19,43% dan secara year on year naik Rp 316,73 triliun atau tumbuh 22,76%.

Pada pekan laporan, Difi mengatakan, kredit rupiah naik pada semua kelompok bank dengan kenaikan yang cukup merata pada 4 kelompok bank yakni dibawah Rp 1 triliun. Kecuali, sambung Difi pada kelompok bank swasta yang naik Rp 2,28 triliun.

“Sementara itu, peningkatan kredit valas bersumber dari naiknya kredit pada 4 kelompok bank yakni bank Swasta, bank Asing, Campuran dan BPD yang cukup merata, tertinggi pada kelompok bank Asing senilai Rp 1,09 triliun,“ tambahnya.

Dalam denominasi valas, selama pekan laporan telah terjadi kenaikan kredit valas senilai US$ 360 juta.

dtc/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya