SOLOPOS.COM - Logo Universitas Gajah Mada (UGM)

Kreativitas mahasiswa berikut dihasilkan dari civitas akademia UGM

Harianjogja.com, JOGJA  – Setidaknya empat mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menciptakan produk kreatif berupa jas hujan multifungsi yang diberi nama “Jansel”. Jansel merupakan produk jas hujan model atasan jaket dan bawahan yang mampu melindungi tubuh dan ransel sekaligus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Empat mahasiswa tersebut berasal dari Fakultas Geografi. Mereka adalah  Ikhwan Arbi Kurniawan, Aji Purnomo, Syiva Fauzia Lestari dan Dwiana Wulandari. Jansel termasuk dalam salah satu karya atau produk yang lolos didanai Dikti pada ajang PKM bidang Kewirausahaan (PKM-K) tahun 2017.

Ketua Tim, Arbi Kurniawan mengatakan produk Jansel merupakan jas hujan yang tidak hanya melindungi tubuh, tetapi juga melindungi barang-barang di dalam ranselnya. Menurutnya, model jas hujan yang berkembang saat ini hanya model atasan jaket dan bawahan yang dapat melindungi tubuh, kalaupun dipaksakan untuk menutupi ransel yang dibawa maka akan terasa sempit dan memicu robeknya jas hujan. Selain itu, ada pula model jas hujan kelelawar yang bisa melindungi tubuh dan ransel namun pemakaiannya kurang nyaman, tidak trendy dan kaki masih basah karena terkena hujan.

“Jansel ini juga dapat digunakan untuk menggantikan penggunaan bag rain cover agar efisien,” kata Arbi, Rabu (14/6/2017).

Tidak hanya multifungsi, Jansel dibuat dengan desain yang fashionable, pilihan warna yang lengkap dan menggunakan bahan yang ringan, halus, kuat dan tentunya anti air. Model Jansel berupa atasan jaket dan bawahan mampu melindungi tubuh dan ransel dengan volume maksimal ransel sebesar 25 liter. Kualitas jas hujan Jansel dilengkapi dengan lem pelapis di setiap jahitan agar air hujan tidak merembes. Jansel pun dibandrol dengan harga lebih murah dari model jas hujan yang beredar di pasaran disamping segala kelebihannya”, tutur Syiva selaku Manajer Pemasaran.

Jansel cocok digunakan saat menjalankan aktivitas dan berkendara disaat musim hujan. Selain itu, Jansel dapat menjadi pilihan jas hujan yang tepat bagi kalangan mahasiswa atau akademisi yang sering melakukan kuliah lapangan.

Kehadiran produk jas hujan ini diharapkan dapat memberi solusi bagi masyarakat luas saat beraktivitas dan berkendara diwaktu hujan agar tetap produktif dengan tetap tampil trendi dan fashionable.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya