Tutup Iklan
Kreatif! Manfaatkan Duit Jimpitan, Karang Taruna di Wonogiri Kembangkan Wisata Malam
Suasana malam hari di Dusun Ngembung, Desa Gondangsari, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri, Juni 2020. Lokasi tersebut akan dijadikan wisata malam hari setiap akhir pekan. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Karang Taruna Citra Putra Mandiri (CPM) di Wonogiri memanfaatkan uang jimpitan dari warga dan sejumlah dana lainnya untuk pengembangan wisata malam.

Kelompok karang taruna di Kecamatan Jatisrono itu menargetkan wisata malam bisa dibuka Agustus 2020. Sebagai langkah awal, mereka menghias kawasan bakal lokasi wisata malam dengan lampu hias warna-warni.

Karang taruna CPM merupakan kumpulan pemuda di Dusun Ngembung, Desa Gondangsari, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri.

Pemkot Solo Berencana Bangun Jalur Sepeda Berkonsep Underpass Mini

Ketua Karang Taruna CPM, Dwi Yulias Agung Suryanto, mengatakan kegiatan tersebut merupakan kreativitas anak muda setempat untuk mempercantik kampung pada malam hari.

Awalnya, ada lahan di kampung tersebut yang kurang dimanfaatkan. Kemudian para pemuda berinisiatif untuk menjadikan lahan tersebut sebagai lapangan bola voli.

Ide tersebut kemudian dilanjutkan untuk menghias area sekitar lapangan bola voli dan jalan sekitar. Berbagai lampu hias berwarna digantungkan di atas jalan. Pagar di sekitar lapangan dan jalan juga dicat dengan aneka warna.

Rp738,7 Juta untuk Bangun Jalan, RTLH, dan Jamban di Sragen

Belasan ban bekas pun dicat kemudian diletakkan di sudut-sudut jalan. Kayu atau papan yang sudah tidak dimanfaatkan dicat dan dihiasi dengan tulisan, kemudian di pasang di pinggiran jalan. Berbagai jenis tanaman juga ditanam untuk menambah hiasan jalan.

Rencananya, karang taruna di Wonogiri tersebut akan menjadikan tempat ini sebagai wisata malam. Wisata malam bakal dibuka pada setiap akhir pekan. Saat ini konsep dan desain lokasi wisata malam sudah jadi, tinggal melaksanakan pengerjaannya.

Karang Taruna CPM menargetkan wisata malam tersebut sudah bisa dinikmati pada Agustus 2020.

Awas Covid-19! ODHA di Solo Diminta Jauhi Rumah Sakit Jika Tak Mendesak

Ada Live Music di Wisata Malam

Selain jalanan kampung, karang taruna di Jatisrono, Wonogiri, itu juga akan memanfaatkan satu bangunan yang tidak terpakai di seberang lapangan. Di bangunan tersebut akan ada angkringan dan live music setiap akhir pekan.

Wisata malam bikinan Karang Taruna CPM diharapkan menguntungkan semua masyarakat Dusun Ngembung.

“Yang jualan nanti karang taruna. Tetapi makanan yang dijual berasal dari buatan warga Ngembung. Sehingga dapat mengangkat ekonomi warga” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (4/7/2020).

Solopos Hari Ini: Data Covid-19 Tak Sinkron

Dana untuk membuat wisata malam tersebut berasal dari swadaya masyarakat dan bantuan pemerintah desa. Selain itu, karang taruna tersebut juga memanfaatkan kas ronda atau jimpitan yang dipungut pada malam hari.

Yulias menambahkan akses menuju lokasi tersebut mudah, hanya berjarak satu kilometer dari jalan utama Wonogiri-Ponorogo. Jalannya pun sudah diaspal. Dengan demikian, jika ada warga dari luar Dusun Ngembung datang, tidak akan kesulitan untuk mencarinya.

Penyaluran BLT Dana Desa Sragen Diperpanjang Jadi 6 Bulan, Alokasi Naik 15%


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho