SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tenggarong–Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, menetapkan pasangan Rita Widyasari dan M Gufron Yusuf sebagai pasangan pemenang pemilihan kepala daerah, Sabtu (15/5).

Dengan demikian pasangan ini tinggal menunggu untuk pelantikan sebagai bupati dan wakil bupati Kutai Kartanegara periode 2010-2015. “Dengan keputusan ini, jika tak ada aral melintang pada 1 Juni Kutai Kartanegara memiliki bupati,” kata Ketua KPUD Kutai Kartanegara, Rinda Desianti, Sabtu (15/5), seusai penetapan rekapitulasi suara di Pendopo Odah Etam Tenggarong.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pasangan yang diusung Partai Golkar ini menang mutlak pada Pilkada yang digelar 1 Mei lalu. Putri mantan Bupati Kutai Kartanegara yang tersangkut kasus korupsi, Syaukani Hasan Rais, ini menyisihkan perolehan suara lima pasangan kandidat lain.

Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara, pasangan nomor urut 6, Rita-Gufron memperoleh dukungan 153.602 suara atau 55,45 persen.

Sedangkan pasangan nomor urut satu, Idrus SY dan Agus Shali memperoleh dukungan suara 5.665 suara atau 2,04 persen.

Pasangan Awang Dharma Bakti dan Saiful Aduar memperoleh suara 31.706 suara atau 11,45 persen. Pasangan Awang Ferdian Hidayat dan Suko Buono memperoleh 47.683 suara atau 17,21 persen.

Pasangan M Edward dan Syahrani hanya mengantongi 18.668 suara atau 6,74 persen dan pasangan Sugiyanto dan Fathan Djoenaidi memperoleh 19.695 atau 7,11 persen suara.

Pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara di Pendopo Odah Etam dijaga ratusan polisi dari Kepolisian Resor Kutai Kartanegara. Dari lokasi penghitungan juga tak ada aksi penolakan meski telah disiapkan water cannon dari kepolisian setempat.

Dalam pembacaan rekapitulasi ini setiap ketua PPK membacakan perolehan suara di tingkat kecamatan masing-masing. Saat pembacaan perolehan suara ini tak dihadiri sejumlah kandidat. kabarnya mereka menolak penetapan perolehan suara karena dinilai terdapat kecurangan.

tempointeraktif/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya