KPU Wonogiri Coret 53.428 Calon Pemilih, Ini Alasannya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri mencoret 53.428 calon pemilih dari daftar pemilih sementara Pilkada Wonogiri 2020.

 Rapat pleno terbuka terkait rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran dan penetapan daftar pemilih sementara oleh KPU Wonogiri di Rumah Makan Alami Sayang, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, Minggu (13/9/2020). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Rapat pleno terbuka terkait rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran dan penetapan daftar pemilih sementara oleh KPU Wonogiri di Rumah Makan Alami Sayang, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, Minggu (13/9/2020). (Istimewa)

Solopos.com,WONOGIRI -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri mencoret 53.428 calon pemilih dari daftar pemilih sementara Pilkada Wonogiri 2020.

Ada beberapa alasan yang membuat puluhan ribu calon pemilih itu tersingkir dari daftar pemilih. Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, mengatakan KPU menetapkan sebanyak 53.428 calon pemilih tidak memenuhi syarat.

Lantaran itu, mereka dicoret dari daftar pemilih Pilkada 2020. Hal itu disebabkan beberapa hal, seperti pemilih sudah meninggal dunia, pindah domisili ke luar daerah, dan nomor induk kependudukan (NIK) di kartu tanda penduduk (KTP) ganda.

Penusuk Syekh Ali Jaber Jadi Tersangka dan Diancam 5 Tahun Penjara

Hal itu disampaikan Toto kepada wartawan setelah selesai rapat pleno terbuka terkait rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran dan penetapan daftar pemilih sementara di Rumah Makan Alami Sayang, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, Minggu (13/9/2020).

Di samping mencoret nama puluhan ribu calon pemilih, KPU Wonogiri mencatat, ada 19.778 pemilih baru. Sebelumnya, mereka belum tercatat atau terdata di A-KWK.

Pemilih A-KWK adalah hasil perbandingan dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang disinkronkan dengan daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan legeslatif dan pemilihan presiden tahun lalu.

Webinar Unesa: Olahraga Dorong Pemulihan Ekonomi Pascapandemi

Pemilih Baru

Lebih lanjut, Toto menjelaskan pemilih baru Wonogiri terdiri atas warga yang baru berusia 17 tahun lebih atau sudah menikah. Selain itu, ada juga pensiunan anggota TNI-Polri. Saat menjadi anggota TNI/Polri aktif, mereka tidak mempunyai hak pilih. Kini, setelah pensiun mereka punya hak pilih.

Data tersebut masih bisa berubah. "Kami juga telah melakukan perbaikan data pemilih sebanyak 17.903 orang. Perbaikan data pemilih itu misalnya melakukan pendataan NIK atau terdapat nama yang salah," jelas dia.

Berdasarkan rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Wonogiri, jumlah pemilih sementara lebih sedikit dibanding jumlah pemilih di A-KWK.

Pemuda Cekcok dengan Petugas Gegara Ditegur Tak Pakai Masker di Madiun Viral

Daftar pemilih di A-KWK sebanyak 872.382 orang. Sementara itu, hasil rekapitulasi daftar pemilih sementara hingga saat ini ada 838.732 orang.

KPU Wonogiri bakal mengumumkan data pemilih sementara. "Nanti akan dilakukan uji publik. Akan kami tempel datanya di setiap desa dan per-TPS. Kami berharap bisa dicermati," ungkap dia.

Gudang Daur Ulang Plastik di Sukoharjo Ludes Terbakar

Saat uji publik masyarakat bisa melakukan pengecekan. Jika ada yang merasa seharusnya bisa menjadi pemilih namun belum terdata, bisa melaporkan ke PPS atau PPK. "Masyarakat bisa mencermati, kami butuh masukan," ujar dia.

Toto menambahka, ada satu TPS yang terlambat dilakukan pencocokan dan penelitian karena ada warga setempat yang terpapar Covid-19.

"Saat itu petugas tidak melakukan door to door karena takut terpapar. Petugas melaporkannya saat waktu coklit sudah selesai. Tapi saat ini sudah selesai, kami rekomendasikan coklit ulang," kata Toto.

Berita Terkait

Espos Premium

Samudra Biru Penjara

Samudra Biru Penjara

Keahlian kunci merehabilitasi narapidana ternyata berada di luar ranah kementerian yang bertanggung jawab atas eksistensi dan pengelolaan penjara.

Berita Terkini

Vaksinasi Buruh Wonogiri Capai 85%, Sejumlah Perusahaan Masih Antre Vaksin

Vaksinasi kepada buruh belum sepenuhnya selesai karena ada beberapa perusahaan yang belum menggelar vaksinasi.

5 Jabatan Kepala OPD Pemkot Solo Masih Kosong, Kapan Pengisiannya?

Pematangan SOTK baru sedang diproses oleh Bagian Organisasi bersama legislatif dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

2 Pemuda Karanganyar yang Ditangkap BNNP DIY Ternyata Edarkan Sabu-Sabu Pasokan Napi Lapas Sragen

Dua pemuda Karanganyar yang menjadi kurir sabu-sabu memperoleh barang haram tersebut dari bandar yang merupakan napi Lapas Sragen.

Ini Alasan Sekeluarga Tidur di Warung Wedangan Kartasura Tolak Tawaran Tinggal di Rusunawa

Bupati Sukoharjo melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada satu keluarga pasutri pedagang kaki lima (PKL) wedangan di depan SMP Negeri 3 Kartasura ini.

Belum Sempat Bertemu Pembeli, 2 Kurir Sabu-Sabu Asal Karanganyar Diringkus BNNP DIY

Dua pemuda asal Karanganyar dibekuk BNNP DIY saat hendak bertransaksi sabu-sabu di jalan raya Solo-Jogja di wilayah Sleman.

Keren, 3 Warga Sragen Ini Ambil Bagian dalam PON XX 2021 di Papua

Dua atlet dan satu asisten pelatih itu dilepas Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, di Ruang Transit, Setda Pemkab Sragen, Kamis (16/9/2020) sore.

Pemkab Sukoharjo Jamin Sekolah Gratis dan KIS Keluarga Kartasura Tidur Di Warung Wedangan

Selain tawarkan rusunawa, Pemkab Sukoharjo memberikan jaminan sekolah gratis bagi anak-anak keluarga yang tinggal di kolong meja wedangan Kartasura.

Bed Isolasi RS Covid-19 Solo Mulai Kosong, Sukarelawan Dibebastugaskan

Bed ruang isolasi untuk merawat pasien di RS rujukan Covid-19 Kota Solo sudah jauh menurun bahkan mulai kosong dalam beberapa hari terakhir.

BPBD Karanganyar: Waspadai Bencana Awal Musim Hujan

BPBD Karanganyar mulai melakukan sosialisasi antisipasi bencana ke masyarakat di kawasan rawan bencana alam.

115 Desa di Boyolali Gelar Vaksinasi Covid-19, Sasar 15.000 orang

Melalui pengoptimalan tim vaksinasi desa, diperkirakan vaksinasi Covid-19 di Boyolali akan selesai di tahun ini.

Pemkot Solo-Kemenperin Kerja Sama Kembangkan AK Tekstil, Gibran: Terpenting Lulusan Terserap Industri

Pemkot Solo bekerja sama dengan Kemenperin dalam pengembangan Akademi Komunitas atau AK Tekstil terutama penyerapan tenaga kerja.

Bioskop Sukoharjo Sudah Kembali Buka, Ini Syarat bagi Pengunjung

Bioskop di kawasan Solo Baru, Sukoharjo, sudah mulai buka, Kamis (16/9/2021), menyusul turunnya level PPKM dan zona risiko Covid-19.

Gibran Masuk Bursa Pilkada DKI Jakarta, Pengamat Politik Refly Harun: Cek Ombak

Pengamat politik nasional Refly Harun menyebut wacana Gibran maju sebagai cagub pada Pilkada DKI Jakarta hanya untuk cek ombak.

Angka Kesembuhan di Klaten Lebih Tinggi dari Kasus Terkonfirmasi Covid-19, Tapi...

Angka kesembuhan Covid-19 di Klaten dinilai jauh berada di atas angka terkonfirmasi Covid-19 dalam sehari, Kamis (16/9/2021).

Arisan Online Menjamur di Soloraya, Pengacara Solo Sebut ini Pemicunya

Arisan online marak di Soloraya belakangan ini dan tak sedikit yang akhirnya mbledos, uang member sulit kembali.