Tutup Iklan

KPU Undang Mantan Presiden, Mega & SBY Tak Ketemu di Debat Pilpres I

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyebar 500 undangan untuk Debat Pilpres 2019 putaran pertama, Kamis (17/1/2019) malam. Undangan itu di antaranya untuk para Presiden RI periode sebelumnya, yaitu BJ Habibie, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

KPU Undang Mantan Presiden, Mega & SBY Tak Ketemu di Debat Pilpres I

SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyapa warga saat mengunjungi kota Pekanbaru, Pekanbaru, Riau, Minggu (16/12/2018). (Antara-Aswaddy Hamid)

Solopos.com, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyebar 500 undangan untuk Debat Pilpres 2019 putaran pertama, Kamis (17/1/2019) malam. Undangan itu di antaranya untuk para Presiden RI periode sebelumnya, yaitu BJ Habibie, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Anggota KPU Wahyu Setiawan mengatakan ratusan undangan itu dialokasikan untuk Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin 01 maupun Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga 02 (masing-masing 100 undangan) maupun tamu yang diundang KPU. Beberapa tamu undangan KPU meliputi tokoh bangsa, tokoh masyarakat, tokoh agama, akademisi, tokoh pemuda, budayawan, mahasiswa serta pegiat demokrasi.

“KPU juga akan mengundang presiden ketiga, kelima dan keenam serta seluruh mantan wakil presiden untuk hadir didebat pertama,” kata Wahyu dilansir situs resmi KPU, Rabu (16/1/2019).

Meski demikian, SBY dipastikan tidak akan bertemu dengan Megawati dan BJ Habibie di forum debat ini. Ketua Umum Partai Demokrat itu memastikan tidak hadir dalam debat capres-cawapres malam ini dan hanya akan menyaksikan melalui televisi.

"Pak SBY ini pertama tidak ada jadwal untuk datang ke rumah Pak Prabowo. Kedua, juga tidak ada jadwal untuk hadir di ruang debat di Bidakara ya. Jadi, Beliau akan ada di kediaman menyaksikan dari televisi saja siaran langsungnya debatnya nanti seperti apa. Jadi Pak SBY dipastikan tidak hadir di ruang debat maupun di Kertanegara untuk ketemu Pak Prabowo," kata Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Ferdinand Hutahaean, di Media Center BPN, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Kendati mendapatkan undangan KPU sebagai Presiden RI ke-6 dan diberikan tempat khusus oleh BPN, SBY tetap tidak akan hadir. Menurut dia, ketidakhadiran SBY untuk debat Pilpres 2019 nanti tidak terlalu dibutuhkan.

"Untuk saat ini Beliau rasa tidak perlu hadir di sana, memberikan kesempatan untuk hadir di dalam bisa diwakili dengan yang lain yah. Karena KPU ini agak sedikit aneh dan sedikit lucu terlalu dibatasi orang masuk ke dalam," tegasnya sebagaimana dilansir Liputan6.com.

Berita Terkait

Berita Terkini

Angka Kematian Akibat Covid-19 di India Diragukan

Angka kematian resmi akibat virus corona di India semakin diragukan, seperti di Bihar yang temuan ribuan kasus Covid-19 tidak dilaporkan.

15 Anggota KKB Papua Dilumpuhkan, 4 Tewas Ditembak

Satgas Nemangkawi menundukkan kelompok kriminal bersenjata atau KKB yang diklasifikasikan teroris di Papua.

Film Hong Kong Bakal Dikekang UU Keamanan Nasional

Hong Kong menginstruksikan sensor film apa pun yang dinilai bertentangan dengan UU Keamanan Nasional yang diberlakukan oleh China tahun lalu.

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.

Christian Eriksen Kolaps, Denmark Vs Finlandia Dihentikan

Christian Eriksen tersungkur ke lapangan saat menerima bola lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan Finlandia.

Zodiak Ini Kata Astrologi Pandai Bergaul

Beberapa zodiak cenderung pemalu dan tertutup, sementara zodiak lainnya pandai bergaul sehingga sangat menarik perhatian.