SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Baliho pelaksanaan Pemilu 2014 (JIBI/SOLOPOS/Antara)

SUKOHARJO — Anggota tim verifikasi faktual Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menemukan Kartu Tanda Anggota (KTA) parpol namun identitas pemilik sudah meninggal dunia. Anggota tim yang terbagi dalam lima kelompok itu juga menemukan nama-nama pemilik KTA namun pemilik dikabarkan boro.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bahkan tiga parpol dinyatakan tak memenuhi ketentuan soal kuota 30% perempuan dalam kepengurusan. Yakni PDP, PPN dan PKB. Bagi parpol yang belum memenuhi 30% ketentuan kuota perempuan, KPU akan menunggu surat pernyataan dari pimpian parpol. Sedangkan bagi nama yang sudah meninggal langsung dicoret dan bagi nama-nama kader yang boro diminta didatangkan ke KPU untuk pencocokan data.

Verifikasi faktual akan terus dilakukan hingga 24 November mendatang. Pernyataan itu disampaikan Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (16/11/2012). “Teman-teman di lapangan banyak menemukan kejanggalan-kejanggalan saat verifikasi faktual terhadap kader masing-masing parpol. Seperti orang meninggal dunia dicantumkan sebagai pengurus atau anggota partai. Ada sekitar 10-an KTA. Saat ini teman-teman masih melakukan verifikasi.”

Selain itu, ujarnya, ada dugaan pengurus parpol melakukan copy paste daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu lalu, PNS dan warga perantau yang sudah berpindah alamat di luar Sukoharjo.

“Setelah dicek, nama-nama itu mengaku bukan anggota partai A atau partai B. Nama-nama itu masih satu rukun tetangga (RT) di Kecamatan Mojolaban diklaim oleh salah satu partai. Karena warga tak mengakui, ya anggota tim menyodorkan formulir surat pernyataan untuk diisi.”

Kuswanto menyatakan, pengurus parpol masih diberi kesempatan untuk memperbaiki kekurangan pada 27 November hingga 3 Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya