SOLOPOS.COM - Anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) melakukan penghitungan suara disaksikan saksi kedua pasangan calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) di Pendapa Kantor Kecamatan Grogol, Sabtu (12/12/2020). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO –Proses rekapitulasi penghitungan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo di tingkat  kecamatan ditarget rampung Minggu (13/12/2020) ini. Hingga pukul 12.00 WIB, proses rekapitulasi penghitungan suara rampung di sembilan kecamatan.

Proses rekapitulasi penghitungan suara di kecamatan dimulai Sabtu (12/12/2020). Proses penghitungan suara diawai saksi dari kedua pasangan calon dan anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam). Anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) melakukan rekapitulasi penghitungan suara di masing-masing desa/kelurahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Sudah ada sembilan kecamatan yang rampung. Tinggal tiga kecamatan lagi yang masih dalam proses penghitungan suara. Mungkin sore hari atau maksimal malam hari ditarget rampung," kata Komisioner KPU Sukoharjo dari Divisi Teknis Penyelenggaraan, Syakbani Eko Raharjo, kepada Solopos.com, Minggu.

Antisipasi Sungai Bengawan Solo Meluap di Sukoharjo, Dua Lokasi Pengungsian Disiapkan

Pria yang akrab disapa Bani ini mengungkapkan anggota PPK dituntut lebih cermat dan teliti saat melakukan penghitungan suara. Mereka harus menyinkronkan beragam data pemilih, surat suara sah dan tidak sah serta jumlah surat suara. Hal ini dilakukan untuk meminalisasi persoalan saat rekapitulasi suara di kabupaten.

Secara umum, lanjutnya, proses rekapitulasi surat suara di kecamatan berjalan lancar dengan pengawalan aparat kepolisian. "Hasil monitoring di beberapa kecamatan, tidak ada kendala teknis saat proses rekapitulasi suara. Butuh waktu cukup lama karena penghitungan suara dilakukan per desa/kelurahan," ujar dia.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara di 12 kecamatan diserahkan KPU Sukoharjo. Kemudian, KPU Sukoharjo bakal menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara yang direncanakan pada 15 Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya