SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SUKOHARJO — Karena tak memenuhi syarat, empat partai baru yang mendaftar di KPU Sukoharjo dicoret dari kepersertaan Pemilu 2014 mendatang. Keempat partai itu adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), Partai Damai Sejahtera (PDS) dan Partai Demokrasi Pembaruan (PDP).

Keempat parpol itu hingga hari terakhir pendaftaran dan penyerahan berkas dukungan kartu tanda anggota tak menyerahkan persyaratan tersebut. Pernyataan itu disampaikan Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto kepada Solopos.com, Sabtu (29/9/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hingga pukul 16.00 WIB, keempat pengurus parpol tersebut tidak menyerahkan berkas dukungan sesuai undang-undang yakni 1.000 KTA atau seperseribu dari jumlah pendudukan Sukoharjo. Karena hingga batas akhir tak memenuhi maka dicoret,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, dari empat parpol tersebut ada yang belum memiliki kepengurusan di tingkat kabupaten.

“Berkas PKBIB dikirim lewat pos dari DPP langsung sedangkan tiga parpol yang lain memang tak datang hingga batas akhir pendaftaran.”

Kuswanto menyatakan, hingga 29 September, terdaftar sebanyak 17 parpol di Kota Makmur. Mereka ingin mengikuti pemilu namun hanya 13 parpol yang memenuhi syarat, tiga di antaranya adalah partai baru, yakni Partai Nasdem, Partai Serikat Rakyat Independen (SRI) dan Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI). Sisanya, 10 parpol adalah PDIP, PAN, PKB, PKS, PBB, Partai Golkar, PPP, Partai Demokrat, Partai Nasional Benteng Kerakyatan (PNBK) dan Partai Hanura.

Ke-10 parpol tersebut, jelasnya, akan diverifikasi pada 26 Oktober hingga 20 November. “Sebanyak lima tim akan bergerak secara bersamaan untuk melakukan verifikasi agar waktu yang tersedia bisa dimanfaatkan secara efektif. Lima tim itu juga dimaksudkan agar parpol yang memenuhi syarat tidak dirugikan gara-gara berkas tak sempat diverifikasi. Lima anggota KPU akan terlibat di masing-masing tim.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya