KPU Sragen Bakal Perpanjang Pendaftaran Cabup-Cawabup, Kenapa?
Ilustrasi Pilkada Sragen (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SRAGEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen akan memperpanjang pendaftaran calon bupati-calon wakil bupati (cabup-cawabup). Hal ini dilakukan bila sampai Minggu (6/9/2020) pukul 24.00 WIB tidak ada pasangan cabup-cawabup yang mendaftar.

Perpanjangan itu dilakukan KPU karena baru satu pasangan cabup-cawabup Sragen yang mendaftar dan masih ada dua partai politik (parpol) yang berpeluang menjadi partai pengusul.

Komisioner Divisi Teknis KPU Sragen Muhsin saat ditemui Solopos.com, mengatakan sampai siang ini belum ada informasi atau pemberitahuan dari pihak parpol terkait rencana pendaftaran cabup-cawabup.

Gerindra dan PKS

Dua parpol yang dimaksud adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sragen dengan lima kursi di DPRD Sragen dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sragen dengan enam kursi di DPRD Sragen.

Sebelumnya Partai Gerindra sudah mengeluarkan rekomendasi untuk pasangan cabup-cawabup Sragen, Sukiman-Iriyanto, pada Kamis (3/9/2020) lalu. Namun, hingga Minggu siang, belum ada informasi tentang turunnya rekomendasi PKS.

Lagi, 1 Pedagang Pasar Gemblegan Solo Asal Sukoharjo Positif Corona

"Kami akan menunggu sampai pukul 24.00 WIB. Bila sampai batas waktu itu tidak ada cabup-cawabup yang mendaftar maka KPU akan penetapan penundaan dengan tahapan jadwal. Kemungkinan pleno penetapan penundaan dilakukan pada Senin (7/9/2020) besok. Kemudian diumumkan dan disosialisasikan perpanjangan pendaftaran kepada publik. Perpanjangannya pad 11-13 September 2020 dan masa sosialisasi itu 8-10 September 2020," jelas Muhsin.

Muhsin menyampaikan sehari menjelang hari H pendaftaran, ada lima anggota tim Sukiman-Iriyanto yang berkonsultasi ke KPU Sragen. Dalam konsultasi tersebut, tim Sukiman-Iriyanto menunjukan persyaratan calon dan persyaratan pencalonan yang belum lengkap.

"Saat konsultasi itu belum menyampaikan rencana pendaftaran mereka ke KPU," katanya.

Jago Bela Diri hingga Main Burung, Ini 5 Fakta Unik Nunggal Si Preman Solo Pimpinan Gondhez’s 

Sukiman-Iriyanto

Sebelumnya, Cabup Sukiman saat ditemui wartawan di Kantor DPC Partai Gerindra Sragen sempat menyampaikan rencana pendaftarannya ada Minggu pagi setelah mendapat rekomendasi dari PKS. Namun sampai Minggu siang belum ada kabar rekomendasi dari PKS.

Ketua DPC Partai Gerindra Sragen Wahyu Dwi Setyaningrum saat dihubungi Solopos.com, mengaku belum dapat informasi terkait pendaftaran Sukiman-Iriyanto.

"Saya juga masih menunggu dari baliau-beliau, Pak Sukiman dan Pak Iriyanto," katanya.

Sekretaris DPD PKS Sragen Wahyudi juga mengaku belum mendapatkan informasi terkait rekomendasi PKS. Demikian juga Ketua Daerah Pemilihan Sragen, Karanganyar, dan Wonogiri DPW PKS Jawa Tengah Dedy Endriyatno juga masih menunggu perkembangan pilkada dari pusat.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom