SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sragen (Solopos.com)–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS) khusus di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sragen pada Pilkada Sragen mendatang. Hal itu dilakukan agar hak pilih para penghuni Lapas tetap terpenuhi.

Anggota KPU Sragen Divisi Data dan Informasi, Edi Suprapto, saat ditemui wartawan di kantor setempat, Rabu (16/3/2011), menyampaikan KPU telah berkoordinasi dengan pihak Lapas untuk membahas mekanisme pengadaan TPS di Lapas itu. Selain itu, KPU juga mendata seluruh narapidana (Napi) yang berhak menggunakan hak pilihnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selanjutnya, KPU membuat formulir model A8, atau surat keterangan untuk memberikan suara di TPS lain, bagi Napi yang tercatat sebagai penduduk Sragen. KPU mencatat setidaknya terdapat 144 Napi dari seluruh jumlah Napi 177 orang yang berhak mendapatkan formulir A8. “Napi diperlakukan sama. Mereka juga berhak memberikan hak pilih pada Pilkada mendatang. Jangan sampai hak mereka tidak terpenuhi,” paparnya.

Ia menjelaskan, KPU tetap akan mengawasi proses pemungutan suara di Lapas, untuk menghindari penggiringan opini atau intimidasi dari pihak lain kepada para Napi. Karena pentingnya pengawasan di Lapas itu, pemungutan suara mendatang rencananya dikunjungi oleh Anggota KPU Pusat, Endang Sulastri.

Selain menyiapkan TPS di Lapas, KPU juga memfasilitasi proses pemungutan suara di seluruh rumah sakit di Sragen. Pelaksanaannya, lanjutnya, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bekerja sama dengan keluarga pasien yang sudah memiliki hak pilih untuk membuat formulir A8. Selanjutnya, pada hari H pencoblosan KPPS mendatangi pasien. “Semua kami lakukan agar seluruh masyarakat Sragen yang sudah mempunyai hak pilih dapat berpartisipasi dalam Pilkada,” tandasnya.

m93

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya