SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja mulai hari ini, (4/7) melakukan pengesahan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Pengesahan dilakukan di seluruh Kota Jogja mulai dari tingkat kelurahan dan kecamatan. KPU menargetkan Sabtu (6/8) pengesahan DPT dapat selesai.

Ketua KPU Kota Jogja Nasrullah memperkirakan telah terjadi perubahan jumlah pemilih. Perubahan itu terjadi dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) ke Daftar Pemilih Tetap (DPT). Namun menurut dia perubahan tersebut tidak akan signifikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Perubahan jumlah pemilih dari daftar pemilih sementara (DPS) ke daftar pemilih tetap (DPT) tersebut bisa saja berubah. Tetapi, perubahannya diperkirakan tidak terlalu besar, tidak signifikan,” katanya. Dia memperkirakan perubahan DPT kemungkinan terjadi antara 1.000 hingga 3.000 pemilih.

KPU Kota Jogja, menurut dia, telah menetapkan DPS untuk pemilihan kepala daerah mendatang sebanyak 322.511 pemilih. Jumlah itu menurutnya berkurang sebanyak 3.842 pemilih dari Daftar Potensial Penduduk Pemilih Pemilu (DP4) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Jogja.

Nasrullah menjelaskan, tidak adanya perubahan jumlah pemilih yang signifikan dari DPS ke DPT tersebut disebabkan proses pemutakhiran data pemilih tersebut telah dilakukan secara berjenjang dan juga dibantu oleh perangkat lunak (DPT Tools). Dia menyebutkan, faktor yang menyebabkan perubahan jumlah pemilih dari DPS ke DPT antara lain, adanya pemilih yang belum terdata, pemilih yang meninggal dunia, atau sebab lain. Kendati demikian, pihaknya menjamin tetap akan mengakomodasi warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih namun tidak terdaftar.(Harian Jogja/Rina Wijayanti)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya