SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA: Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga sore ini belum menerima konfirmasi pendaftaran bakal calon presiden (capres) dan Wakil Presiden (wapres) yang akan diusung partai politik maupun gabungan parpol.

“Sampai dengan hari ini kita belum mendapat konfirmasi dari parpol dan gabungan parpol manapun apakah ada yang akan mendaftar hari ini,” kata KPU Andi Nurpati, di Jakarta, Rabu.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Menurut Andi, KPU senantiasa melakukan rapat koordinasi terkait pendaftaran capres dan cawapres. KPU harus mengantisipasi apabila pendaftaran dilakukan pada batas waktu akhir yakni Sabtu (16/5) mendatang.

Pengaturan itu berkaitan dengan jadwal pemeriksaan kesehatan. Pasalnya, setiap pasangan calon membutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. “Tentu kami harus berkoordinasi dan mengatur lagi dengan pihak RS apabila bakal capres mendaftarkan pada hari terakhir. Kalau sampai 4 pasangan tentu kami harus mengatur,” katanya.

Demikian pula untuk verifikasi berkas bakal capres dan cawapres, KPU akan membentuk kelompok verifikator agar verifikasi berjalan simultan.”Itu supaya cepat. Sebab KPU wajib menyampaikan kepada parpol atau gabungan parpol yang mengusulkan untuk melakukan perbaikan berkas jika ada yang kurang,” ujar Andi.

Seperti diketahui, pendaftaran bagi bakal capres dan cawapres dibuka mulai 10 Mei dan berakhir pada 16 Mei. Sementara pemeriksaan kesehatan dijadwalkan 11 Mei hingga 18 Mei 2009. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya