SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, NGAWI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi melaksanakan tahapan seleksi bagi para calon relawan demokrasi yang akan bertugas membantu kelancaran Pemilu 2019.

Dikutip dari laman kpu-ngawikab.go.id, Rabu (16/1/2019), relawan demokrasi merupakan orang atau kelompok orang yang  menjadi mitra Komisi Pemilihan Umum dalam menginformasikan atau menyosialisasikan kegiatan kepemiluan, dalam hal ini adalah Pemilu Serentak Tahun 2019.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketua KPU Kabupaten Ngawi Syamsul Wathoni mengatakan pendaftaran relawan demokrasi dibuka mulai 10 Januari hingga 15 Januari 2019.

“Direncanakan terdapat 55 orang relawan demokrasi yang akan bertugas selama tiga bulan, yaitu Februari, Maret, dan April 2019. KPU Kabupaten Ngawi juga akan memfasilitasi untuk menunjang akomodasi kegiatan relawan demokrasi,” ujar Syamsul di Ngawi, Selasa (15/1/2019), yang dilansir Antara

Menurut dia, setelah lolos seleksi administrasi, para calon anggota relawan demokrasi menjalani tes wawancara pada 16-17 Januari 2019.

“Dengan adanya relawan demokrasi diharapkan akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada pemilu yang digelar 17 April 2019,” katanya.

Ia menjelaskan nantinya relawan demokrasi akan bertugas melaksanakan sosialisasi terkait Pemilu 2019 kepada kelompok masyarakat sesuai basis. Terdapat sejumlah sasaran yang menjadi basis sosisalisasi, di antaranya pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, pemilih keagamaan, dan warganet (pengguna media sosial).

Syamsul Wathoni menambahkan, terdapat ketentuan khusus untuk mendaftar relawan demokrasi Pemilu 2019, yakni tidak berafiliasi dengan partai politik dan bukan bagian dari penyelenggara pemilu.

“Selain itu, para calon relawan demokrasi harus telah terdaftar sebagai pemilih dan berdomisili di Kabupaten Ngawi,” katanya. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya