SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, NGAWI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, mengerahkan 25 orang untuk merakit kotak suara yang akan digunakan dalam pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) tanggal 17 April 2019.

Perakitan dilakukan di Gedung Kartika Dwi Paksi Karangasri, Ngawi. Koordinator kegiatan perakitan kotak suara KPU Ngawi, Agung Wahyu Pambudi, mengatakan proses perakitan kotak suara dari kardus kedap air tersebut berlangsung sekitar satu pekan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sesuai data, jumlah kotak suara yang diterima KPU Ngawi mencapai sebanyak 13.955 buah.

“Dalam kegiatan perakitan ini, ada sebanyak 25 orang yang terlibat. Mereka di antaranya adalah staf dari bidang logistik kantor sekretariat KPU setempat,” ujar Agung Wahyu kepada wartawan, Senin (11/2/2019).

Dia menegaskan proses perakitan juga dipantau oleh pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ngawi. Selain Bawaslu, saat penyimpanan di gudang, nantinya juga akan melibatkan anggota dari kepolisian setempat guna melakukan pengamanan.

Adapun, setiap tempat pemungutan suara (TPS) nantinya akan terdapat lima kotak suara untuk lima jenis pemilihan. Yakni untuk surat suara DPRD kabupaten, DPRD provinsi, DPR RI, DPD, dan surat suara pemilihan presiden.

Sementara itu, guna memperlancar proses pemungutan suara, KPU Ngawi akan menyediakan sebanyak 2.760 TPS di wilayahnya pada pelaksanaan Pemilu Serentak 17 April 2019. Ribuan TPS tersebut tersebar di 217 kelurahan/desa di 19 Kecamatan.

Sedangkan Data KPU Ngawi menyebutkan jumlah pemilih hasil penyempurnaan DPTHP-2 Pemilu 2019 di Ngawi mencapai 705.092 pemilih. Jumlah tersebut berkurang dibandingkan jumlah DPTHP-2 sebanyak 707.894 pemilih.

Jumlah tersebut dimungkinkan masih dapat berubah seiring dengan upaya pengecekan pemilih tambahan yang dilakukan KPU Ngawi di Pondok Pesantren Gontor Putri.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya