SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara dalam pemilihan pemimpin. (Freepik.com)

Solopos.com, KLATEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten menggelar verifikasi faktual partai politik (parpol) non-parlemen yang dinyatakan lolos administrasi. Tim KPU Klaten melakukan verifikasi faktual terhadap 2.308 anggota Parpol.

Ada delapan parpol nonparlemen yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi. Kedelapan parpol itu yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Ummat, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Buruh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Komisioner KPU Klaten Divisi Teknis Penyelenggaraan, Samsul Huda, mengatakan menjelaskan verifikasi faktual sebelumnya diawali dengan verifikasi kepengurusan Parpol tingkat kabupaten pada 15-17 Oktober 2022. Tim KPU kemudian menggelar verifikasi keanggotaan Parpol pada 18 Oktober 2022 hingga 4 November 2022.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga : 49 Nama Warga Klaten Dicatut di Sipol, Mayoritas Pernah Datangi Kegiatan Parpol

Samsul menjelaskan pada proses verifikasi faktual itu, masing-masing Parpol diambil sampel sekitar 200 anggota. Petugas mendatangi satu per satu rumah anggota Parpol untuk proses verifikasi. “Apabila tidak bisa ditemui, mekanisme yang digunakan yakni mengumpulkan mereka di kantor Parpol. Apabila masih tidak bisa, kami akan verifikasi melalui video call,” jelas Samsul, Selasa (18/10/2022).

Pada proses verifikasi faktual itu, Parpol diberikan kesempatan untuk melengkapi kekurangan pada 10-23 November 2022.

KPU Klaten melakukan verifikasi faktual hasil perbaikan pada 24 November 2022 hingga 7 Desember 2022. KPU akan mengumumkan Parpol yang dinyatakan menjadi peserta Pemilu 2024 pada 14 Desember 2022.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Hujan Lebat Siang

Ketua KPU Klaten, Kartika Sari Handayani, menjelaskan KPU mengerahkan seluruh SDM yang ada di KPU terdiri dari 27 orang. Mereka dibagi dalam empat tim dan setiap tim terdiri dari enam sampai tujuh orang. Dari setiap tim itu masih dibagi tim lagi dengan masing-masing terdiri dari dua orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya