SOLOPOS.COM - Logo KPU (JIBI/Dok)

Solopos.com, KLATEN—Anda punya gudang? Kabar gembira bagi Anda. KPU Klaten mencari gudang untuk disewa.

Penuhnya gudang untuk penyimpanan logistik di Kantor Pemilihan Umum (KPU) Klaten membuat sekretariat KPU berencana mencari sejumlah gudang untuk disewa sebagai tempat penyimpanan logistik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu, juga sebagai persiapan penyimpanan surat suara Pemilu Legislatif 2014 yang diperkirakan tiba pada pertengahan Februari.

Sekretaris KPU Klaten, Rohmat Sunarno, mengatakan penuhnya kapasitas gudang logistik KPU disebabkan masih adanya sejumlah logistik lama salah satunya Pemilu Gubernur 2013 lalu.

“Kami memang belum memiliki gudang logistik yang representatif sehingga masih mengandalkan sewa untuk sementara waktu. Saat ini saja, kami sudah menyewa rumah kosong yang ada di depan kantor KPU untuk gudang sementara,” katanya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (10/1/2014).

Sebenarnya, ia ingin mencari gudang yang representatif sehingga logistik untuk Pemilu Legislatif bisa ditampung di dalam satu gudang. Namun, apabila itu sulit, terpaksa ia mencari beberapa tempat untuk gudang sementara.

“Apalagi, direncanakan pada pertengahan Februari nanti, surat suara dan formulir untuk berita acara pemungutan suara Pemilu Legislatif sudah tiba,” tuturnya.

Di dalam pencarian gudang tersebut, ia menyatakan tidak mudah karena ada sejumlah pertimbangan. Seperti lokasi yang strategis karena sarana transportasi pengangkut yang menggunakan truk, tidak bocor, dan lokasi yang tidak terlalu jauh dari Kantor KPU agar pengawasannya mudah.

Ia menyatakan sebenarnya KPU Pusat memberikan kesempatan KPU di daerah untuk membangun gedung baru yang dilengkapi gudang logistik dengan total anggaran Rp1 miliar. Tapi, untuk pembangunan tersebut ada sejumlah syarat, salah satunya gedung KPU itu dibangun di atas tanah yang dihibahkan pemerintah daerah setempat.

“Kami sudah beberapa kali mengajukan permohonan hibah tanah ke Pemkab Klaten. Tapi, hingga saat ini belum disetujui. Dan status gedung KPU yang kami tempati ini masih berupa pinjam pakai sehingga kami belum bisa mengusulkan anggaran pembangunan ke KPU Pusat,” imbuhnya.

Di sisi lain, sejumlah logistik Pemilu Legislatif yang sudah diterima KPU Klaten di antaranya kotak suara, bilik suara, alat tulis kantor (ATK), alat coblos, bantalan, dan gembok kotak suara. Juga tanda pengenal, sampul, dan stiker KPU.

Menurut salah satu Staf Sekretariat KPU Klaten, Ika Nurmaliana Dewi, logistik tersebut ada yang diterima pada akhir 2013 lalu dan pada awal 2014 ini.

“Awal tahun ini, logistik yang kami terima yakni sampul untuk menyimpan surat suara dan berita acara pemungutan suara. Sedangkan lainnya seperti kotak suara, bilik suara, ATK, dan beberapa logistik lainnya sudah kami terima pada akhir 2013 lalu,” katanya saat ditemui wartawan di Kantor KPU Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya