SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sragen (Solopos.com)--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen mengklaim Pilkada yang telah berlalu beberapa hari yang lalu, bebas tindakan golongan putih (Golput). Bahkan, KPU menilai tingkat partisipasi masyarakat Sragen dalam proses demokrasi Pilkada meningkat.

Anggota KPU Divisi Data, Informasi dan Hubungan antarlembaga, Edi Suprapto, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Senin (21/3/2011), menyampaikan Pilkada Sragen yang telah berlalu bebas Golput.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun, ia tidak memungkiri adanya sebagian kecil warga yang tidak berpartisipasi memberikan hak pilihnya. Menurut Edi, hal itu bukan Golput, melainkan ketidaksengajaan warga yang karena kendala tertentu tidak dapat berpartisipasi dalam pemungutan suara. Kendala itu diantaranya, merantau, sakit keras atau pekerjaan yang tidak dapat ditinggal. Ia menjelaskan, Golput berbeda dengan tidak berpartisipasi saat pencoblosan.

Menurutnya, Golput adalah sikap dengan sengaja dan secara jelas tidak ingin memberikan hak pilihnya, sedangkan tidak berpartisipasi berarti tidak dapat memberikan hak pilihnya karena suatu halangan. “Hal itu harus dibedakan. Jangan sampai salah persepsi,” terangnya.

Ia menilai, tingkat partisipasi masyarakat Sragen pada Pilkada lalu meningkat sekitar 8 % dibanding Pilpres tahun 2009 lampau. Jika pada Pilpres lalu tingkat partisipasi masyarakat Sragen tercatat 62 %, pada Pilkada ini meningkat mencapai 70 % dan masyarakat yang tidak berpartisipasi hanya 25 %, sisanya kartu suara tidak sah karena rusak.

Hal itu menunjukkan kesadaran politik masyarakat Sragen meningkat dan sosialisasi serta pendidikan politik yang dilaksanakan oleh seluruh elemen dan stake holder di Kabupaten Sragen, berhasil. Disampaikannya, kondisi itu merupakan tren positif bagi kemajuan Sragen.

m93

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya