SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Puluhan orang dikerahkan untuk merakit kotak suara yang akan digunakan dalam pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun Anwar Soleh Azarkoni mengatakan jumlah kotak suara yang dirakit mencapai sebanyak 12.990 unit kotak suara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kotak suara yang dirakit ini berbahan karton yang kedap air. Kami perkirakan perakitan akan selesai dalam 10 hari ke depan,” ujar Anwar Soleh Azarkoni kepada wartawan, Kamis (14/2/2019).

Dia mengungkapkan, pihaknya melibatkan pekerja dari luar. Setidaknya ada sekitar 20 orang yang akan merakit kotak suara itu. Sejauh ini ada sekitar 12 pekerja yang sudah mulai mengerjakan perakitan.

“Kemungkinan hari ini akan ditambah sekitar 10 pekerja lagi yang akan membantu pengerjaan. Kami coba maksimalkan, sehingga selesai sesuai target,” kata dia. Nantinya setelah dirakit, kotak suara akan disimpan di Gedung Korpri Kabupaten Madiun yang berada di kompleks Pendapa Muda Graha.

Tak hanya merakit kotak suara, Anwar Soleh Azarkoni menambahkan para pekerja juga diagendakan mengecek kotak suara tersebut sebelum dan sesudah dirakit. Dari hasil pengecekan, masih nihil temuan kotak suara rusak.

“Sejauh ini belum ditemukan kotak suara yang rusak. Meski begitu, tetap mengantisipasi kerusakan-kerusakan yang mungkin timbul karena kesalahan penyimpanan. Selain itu, kami juga mengantisipasi tidak boleh basah. Karena itu, kami tetap berupaya menyimpannya di tempat yang tidak lembap,” katanya.

Pihaknya juga menjaga keamanan tempat penyimpanan kotak suara bekerja sama dengan pihak kepolisian. Selain itu, juga ada petugas keamanan dari pihak KPU. Para petugas akan melakukan penjagaan selama proses perakitan berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya