SOLOPOS.COM - Maskot pilgub jateng (JIBI/SOLOPOS)

Maskot pilgub jateng (JIBI/SOLOPOS)

SEMARANG–Ketua KPU Provinsi Jateng, Fajar Saka kepada Solopos.com di Semarang, Minggu (14/11/2012), mengatakan penentuan maskot Gatotkaca untuk Pilgub Jateng 2013 bukan dilakukan oleh KPU provinsi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Maskot tersebut merupakan pilihan para juri pada lomba maskot Pilgub Jateng 2013 yang digelar KPU provinsi beberapa waktu lalu. Para juri memilih gambar Gatotkaca karya Lily Sugiati dari Bekasi sebagai juara pertama.
”Anggota dewan juri merupakan orang-orang yang kredibel,” tandasnya tanpa menyebutnya nama-namanya.
Dia menampik tudingan adanya bias jender dalam penggunaan maskot Gatotkaca, karena pemilihan simbol Gatotkaca karena tokoh pemberani, sakti dan perkasa, serta di perwayangan merupakan tokoh populer.
Dalam konteks Pilgub Jateng 2013, Gatotkaca merupakan implementasi masyarakat Jateng yang kuat berbasis ragam dinamika kehidupan ekonomi, modal sosial, demokrasi, politik, lingkungan dan budaya.
”Jadi tak ada kaitannya dengan jender, laki-laki atau perempuan. Tapi pada semangat gubernur dan wakil gubernur terpilih harus wicaksono (bijaksana) dalam mengemban amanah dan mengejawantah-kannya ke visi, misi dan program kerja,” paprnya.

Sementara Wakil Gubernur Jateng, Rustriningsih, menyatakan KPU provinsi bisa menyikapi kritik tentang maskot pilgub secara dewasa dalam kerangka kebaikan bersama. Menurut dia, tidak ada unsur politik dalam polemik maskot pigub. Berbagai kritik yang muncul masih dalam ranah yang wajar.

“Kritik ini menunjukkan masyarakat peduli terhadap Pilgub Jateng. Masyarakat sudah cerdas, kritis dan melek politik,” ujar bakal calon gubernur (cagub) yang mendaftar melalui PDIP ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya