SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Nama warga negara asing yang tercantum dalam daftar pemilih tetap Pemilihan Umum 2019 di Jawa Tengah semakin banyak terungkap. Komisi Pemilihan Umum Jateng memastikan pencoretan lagi 10 nama WNA yang tercantum dalam DPT Pemilu 2019. Sebelumnya, KPU Jateng telah mencoret nama 12 WNA.

“Temuan kami ada 10 WNA, bukan delapan seperti yang disampaikan Bawaslu. Semua yang ditemukan sudah dicoret,” kata Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Jateng Paulus Widiyantoro, Selasa (12/3/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menjelaskan jika 10 WNA tersebar di delapan daerah, yakni Kota Solo terbanyak, yaitu 3 WNA. Sementara sisanya masing-masing satu, tersebar di Kota Magelang,  Kota Tegal, Kota Salatiga, Kabupaten Magelang, Purworejo, Boyolali, dan Batang. 

Menurutnya, total WNA yang telah rekam data e-KTP di Jateng sebanyak 219 orang. Namun, meski telah menemukan dan mencoret 22 WNA, pihaknya terus menyisir data yang ada di DPT untuk memastikan tidak ada lagi WNA yang masuk DPT. 

“Kami masih menyisir lagi, kalau ditemukan lagi WNA di DPT pasti dicoret,” ujarnya.

Sebelumnya, Minggu (9/3/2019) lalu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah menemukan nama delapan WNA yang masuk dalam DPT Pemilu 2019. Temuan delapan nama WNA tersebut merupakan yang terbaru, pascapencoretan terhadap nama 12 WNA di Jateng yang masuk di dalam DPT.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Tengah Anik Sholihatun menjelaskan berdasarkan penyisiran, Bawaslu menemukan delapan nama WNA yang masuk di dalam DPT.  Bawaslu meminta KPU Jateng mencoret temuan itu.

 “Temuan delapan WNA ini di luar 12 WNA yang telah dicoret KPU. Bawaslu meminta agar mereka dicoret dari DPT,” kata Anik.

Kedelapan nama WNA yang ditemukan itu berasal dari beberapa daerah di Jateng, yaitu dua WNA di Kota Tegal, seorang WNA di Kabupaten Purworejo, seorang WNA di Kabupaten Batang, seorang WNA di Kota Salatiga, dan tiga WNA di Kota Solo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya