SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng memastikan nama 12 warga negara asing (WNA) yang masuk di dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2019 dicoret.

Koordiantor Divisi Data dan Informasi KPU Jateng Paulus Widiyantoro mengatakan 12 WNA dari 27,8 juta nama yang masuk DPT itu tersebar berada di delapan kabupaten dan kota di Jateng. Tiga  WNA di Purworejo, dua WNA di Banyumas, dua WNA di Solo, dan masing-masing seorang WNA di Sragen, Kota Magelang, Kota Salatiga, Kota Tegal, dan Purbalingga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada 12 WNA di Jawa Tengah yang masuk DPT. Semuanya sudah dicoret,” kata Paulus, Jumat (8/3/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

Ke-12 WNA yang telah dicoret nama mereka dari DPT Pemilu 2019 pada umumnya karena menikah dengan WNI. “Rata-rata WNA yang masuk DPT menikah dengan WNI, lalu masuk KK. Kemudian kami sisir, dan sudah dicoret,” kata mantan ketua KPU Kebumen ini. 

Mereka, pada umumnya, juga memiliki pekerjaan di daerah tersebut. Ke-12 WNA berasal dari Filipina, Malaysia, Bangladesh, dan negara lainnya. “WNA yang kami coret didatangi oleh KPU setempat, didampingi PPK,” tambahnya.

Paulus menegaskan meski telah mencoret 12 nama WNA dari DPT Pemilu 2019, namun tidak menutup kemungkinan ada pencoretan lagi. KPU masih melakukan penyisiran data WNA yang telah rekam data e-KTP.

“Masih akan terus dilakukan pencoretan, dengan memeriksa nama, NIK di dalam KK WNA,” tegasnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah menemukan ratusan nama tenaga kerja asing (TKA) di Jateng yang melakukan rekam data elektronik di kantor dinas pencatatan sipil.  Keberadaan mereka akan dipantau agar tidak ikut serta menggunakan hak pilih di dalam Pileg dan Pilpres, April 2019 mendatang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya