SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Pengiriman logistik Pemilu 2019 berupa  bilik dan kotak suara sudah sampai di seluruh KPU kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Klaim itu dikemukakan komisioner KPU Jateng Ikhwanuddin di Temanggung, Senin (17/12/2018).

Ia menyatakan semua kabupaten dan kota di Jawa Tengah secara umum sudah menerima bilik dan kotak suara. Namun, diakuinya, berdasarkan hitungan masih ada 115 TPS yang belum mendapatkan jatah logistik tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sebanyak 115 TPS tersebut merupakan TPS tambahan. Pengadaan logistik kotak dan bilik suara berdasarkan rekap DPS, ternyata ada kekurangan setelah dilakukan proses DPT, DPTHP 1, dan DPTHP 2,” katanya seusai bimbingan teknis laporan penerimaan sumbangan dana kampanye oleh KPU Jateng di Kantor KPU Kabupaten Temanggung.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan sekarang mulai proses untuk penambahan 115 TPS tersebut dan pada akhir 2018 diharapkan pengadaan bilik dan kotak suara selesai. Ia menyebutkan jumlah TPS di Jateng setelah penambahan 115 TPS menjadi 115.391 TPS, tidak terlalu banyak penambahannya.  

logistik tinta, segel, dan sampul, menurutnya juga sudah mulai dikirim ke KPU kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Progesnya kini telah mencapi 80 % dan ditarget rampung pada 20 Desember 2018. Untuk itu, KPU kabupaten dan kota diminta mengecek sehingga apabila ada kekurangan bisa segera dipenuhi.

Pengadaan logistik pemilu dianggarkan 2018 dan 2019, untuk pengadaan logistik 2018 terdiri atas kotak suara, bilik suara, sampul, tinta, dan segel. Kemudian logistik tahun anggaran 2019 meliputi surat suara dan formulir yang diadakan oleh KPU.

Komisioner KPU Kabupaten Temanggung Henry Sofyan Rois mengatakan ada penambahan 14 TPS di Kabupaten Temanggung sehingga masih ada kekurangan kotak dan bilik suara untuk TPS tersebut. Ia mengatakan hari ini KPU Kabupaten Temanggung menerima logistik berupa sampul sebanyak 69.420 buah yang dikemas dalam 323 bok. Segel sebanyak 256.769 keping dan tinta 4.922 botol.

“Sampul yang diterima terdiri atas 17 jenis, antara lain sampul suara sah dan tidak sah,  C1, dan suara tidak digunakan,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya