SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah Yulianto Sudrajat mengklaim tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum 2019 di provinsi setempat mencapai 80% atau meningkat lima persen dibandingkan pemilu lima tahun yang lalu.

“Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 untuk Jateng mencapai kisaran 80%, tapi jumlah pastinya belum kita hitung karena baru menetapkan perolehan suara saja,” katanya seusai penutupan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 di kantor KPU Jawa Tengah, Minggu (12/5/2019) dini hari.

Selain meningkat, angka partisipasi pemilih pemilu di Jateng pada tahun ini juga melampaui target yang telah ditentukan KPU, yakni 77,5%. Menurut dia, pelaksanaan pemilu secara serentak juga memengaruhi meningkatnya angka partisipasi pemilih Pemilu 2019.

“Yang jelas faktor keserentakan ini membuat tingkat partisipasi dan perhatian masyarakat menjadi lebih besar,” ujarnya.

Namun di sisi lain, pelaksanaan pemilu secara serentak juga berdampak pada sisi teknis dan masyarakat mengetahui sendiri jika beban penyelenggara pemilu di semua tingkatan begitu berat. “Mereka [penyelenggara pemilu] harus merekap lima jenis surat suara, ini tidak mudah. Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara untuk tingkat provinsi saja berlangsung enam hari berturut-turut tanpa jeda, monggo nanti bisa dievaluasi bersama terkait pemilu serentak,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya