KPU Jateng: Jokowi-Amin Unggul di Rembang, Kendal, dan Kabupaten Semarang
Petugas rekapitulasi suara KPU Jateng saat mengisi tabel di papan pada rapat rekapitulasi terbuka di Kantor KPU Jateng, Kota Semarang, Senin (6/5/2019).(Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG — Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin unggul telak atas pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, di tiga kabupaten di Jawa Tengah (Jateng), yakni Rembang, Kendal, dan Semarang.

Dari hasil rekapitulasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng di Kantor KPU Jateng, Kota Semarang, Senin (6/5/2019), Jokowi-Amin unggul 320.793 suara atau 74,35% di Kabupaten Rembang. Sedangkan, Prabowo-Sandi hanya meraih 81.819 suara atau sekitar 18,9%.

Pun demikian dengan yang terjadi di Kabupaten Kendal dan Kabupaten Semarang. Dari hasil rekapitulasi yang digelar KPU Jateng, paslon nomor urut 01 unggul sekitar 79,2 % atau 536.938 suara berbanding 122.698 suara atau 18,1% di Kabupaten Semarang. Sedangkan di Kabupaten Kendal, Jokowi-Amin juga unggul telak dengan selisih 75,8% atau 493.100 suara berbanding 134.639 suara atau sekitar 20,7%.

Ketua KPU Jateng, Yulianto Sudrajad, menyebutkan pada pelaksanaan hari pertama rapat rekapitulasi perolehan suara di tingkat provinsi Pemilu 2019 itu ada tujuh kabupaten dan kota di Jateng yang akan dilakukan perhitungan.

Ketujuh kabupaten kota itu, yakni Kendal, Kabupaten Semarang, Rembang, Blora, Karanganyar, Kota Magelang, dan Klaten.

“Saat ini KPU Jateng telah menggelar rapat pleno terbuka. Rapat pleno ini berlangsung selama 5 hari, mulai 6-10 Mei nanti. Setiap hari kami akan hitung rekapitulasi tujuh-delapan kabupaten. Kami berharap semua lancar dan tuntas hingga nanti,” ujar Yulianto saat dijumpai wartawan di sela rapat rekapitulasi, Senin.

Jika pada hari pertama rapat rekapitulasi, KPU Jateng menggelar perhitungan untuk tujuh kabupaten/kota, maka pada Selasa ada delapan kabupaten/kota. Kedelapan kabupaten/kota yang direkapitulasi pada Selasa (7/5/2019), yakni Grobogan, Pati, Kudus, Kota Salatiga, Kabupaten Tegal, Banyumas, Batang, dan Sragen.

Sedangkan pada Rabu (8/5/2019), rekapitulasi menyasar Kabupaten Demak, Jepara, Temanggung, Kabupaten Magelang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Purbalingga, dan Cilacap. Sementara Kamis (9/5/2019), rekapitulasi akan dilakukan untuk Sukoharjo, Purworejo, Pemalang, Wonosobo, Banjarnegara, Brebes, Kota Tegal, dan Solo.

Pada hari terakhir atau Jumat (10/5), rekapitulasi akan dilakukan untuk wilayah Wonogiri, Kota Semarang, Kebumen, dan Boyolali. “Untuk Kota Semarang sampai saat ini proses rekapitulasi di tingkat kota belum selesai, jadi kami tempatkan di waktu yang paling akhir. Selain Kota Semarang, proses rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota yang belum selesai juga terjadi di Pemalang,” imbuh Yulianto.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom