SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah menginstruksikan jajarannya di tingkat kabupaten dan kota segera merakit kotak suara yang telah didistribusikan ke tiap daerah.

“Pada Februari ini memasuki tahapan perakitan kotak suara yang sebelumnya sudah diterima masing-masing KPU kabupaten/kota, tapi belum boleh dilakukan pembongkaran,” kata komisioner KPU Jateng Ikhwanudin di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (2/2/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Instruksi perakitan kotak suara berbahan karton duplex itu dilakukan menyusul adanya surat edaran dari KPU pusat. KPU Jateng menargetkan perakitan kotak suara Pemilu 2019 selesai pada akhir bulan Februari 2019 ini.

Ekspedisi Mudik 2024

“Setelah ada surat edaran, maka KPU kabupaten/kota sudah bisa mulai merakit kotak suara, target kita 28 Februari 2019 semua sudah selesai,” ujarnya.

Ia menyebutkan apabila seluruh kotak suara sudah selesai dirakit, maka selanjutnya akan disimpan di gudang bersama logistik pemilu lainnya yang sudah didistribusikan sebelumnya kecuali surat suara. “Seluruh logistik disimpan di gudang milik KPU atau sewa gudang. Untuk tata kelola gudangnya kita bekerja sama dengan Bulog yang memang ahlinya soal pergudangan. Jadi, logistik sebelum disimpan di gudang ada proses fumigasi untuk mencegah hama,” katanya.

Terkait dengan pendistribusian surat suara dari KPU RI, yang saat ini sudah mendapatkan jatah adalah KPU Kota Tegal, sedangkan KPU kabupaten/kota lainnya akan dikirimkan secara bertahap, sesuai dengan arahan dari KPU pusat. “Targetnya, semua surat suara sudah diterima KPU kabupaten/kota 30 hari sebelum hari H agar pada 17 Maret nanti bisa dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya