SOLOPOS.COM - Logo KPU (Dok/JIBI)

Harianjogja.com, Gunungkidul – KPU Gunungkidul akan menetapkan kursi DPRD lebih awal dibandingkan wilayah lain di DIY. Mayoritas KPU kabupaten lain akan melakukan penetapan pada Senin (12/5/2014). Sedangkan KPU Gunungkidul, hari ini akan menetapkan anggota DPRD Gunungkidul periode 2014-2019.

“Rencananya, kami akan melaksanakan pleno di Ruang Rapat 1 Sekda, pada pukul 13.00 WIB besok [hari ini]. Untuk persiapan, kami juga sudah mengundang seluruh parpol untuk hadir dalam penetapan tersebut,” kata Ketua KPU Gunungkidul M Zainuri Iksan kepada Harianjogja.com, Sabtu (10/5/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sayangnya, Ihsan masih enggan membeberkan lebih jauh siapa saja  yang akan duduk menjadi wakil rakyat di tahun ini. Dia beralasan, tidak mau menyalahi aturan karena baru akan diumumkan saat dilaksanakan pleno penetapan.

Lebih jauh dikatakan Ihsan, dalam pleno itu nantinya yang ditetapkan pertama kali adalah jumlah kursi yang diperoleh masing-masing parpol dalam Pemilu 9 April lalu. Kemudian, setelah hasil itu didapatkan, KPU akan menetapkan siapa saja yang duduk sebagai wakil rakyat.

“Yang jelas, untuk mendapatkan kursi, harus bisa memenuhi bilangan pembagi pemilih (BPP). Kalau itu sudah diketemukan di masing-masing parpol, maka selanjutnya akan ditetapkan caleg mana yang akan duduk menjadi anggota Dewan. Teknisnya, siapa yang memeroleh suara terbanyak akan menjadi wakil rakyat,” paparnya.

Terpisah, Komisioner KPU DIY Divisi Teknis Penyelenggaraan Nur Huri Mustofa, membenarkan jika KPU Gunungkidul merupakan wilayah pertama yang melaksanakan pleno penetapan kursi DPRD. Karena, mayoritas KPU kabupaten-kota baru melaksanakan pleno Senin (12/5/2014) besok.

Dia menjelaskan, guna memantau jalannya pelno penetapan di KPU kabupaten-kota, Komisioner KPU DIY akan berbagi tugas untuk menghadiri pleno itu. “Sudah kami bagi, dan masing-masing komisioner akan hadir di pelno sesuai dengan jadwal yang ditentukan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya