SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–KPU Boyolali mulai melakukan pendistribusian surat suara beserta sejumlah logistik Pilkada ke seluruh Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), Jumat (30/4). Untuk distribusi awal dilakukan untuk PPK di wilayah Boyolali utara.

Dari pantauan Espos di Gedung PGRI, kemarin, tampak sejumlah perwakilan PPK melakukan pengecekan dan pengesetan tiap kotak suara. Hal itu untuk memastikan jumlah surat suara dengan daftar pemilih tetap (DPT) tiap tempat pemungutan suara (TPS). Selain surat dan kotak suara, juga dikirim bilik dan sejumlah alat, serta formulir kelengkapan TPS.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Anggota KPU divisi Lgistikdan Oganisasi Iman Firmansyah dalam distribusi awal itu dilakukan untuk PPK Juwangi, Kemusu, Wonosegoro dan Karanggede.

“Logistik yang dikirim itu berupa amplop, formulir, tinta, tanda pengenal, sampul, alat coblos dan segel,” ujarnya kepada wartawan di kantor KPU. Selain itu, juga dilengkapi dengan salinan DPT, gambar pasangan calon, buku panduan, surat undangan dan kartu pemilih. Dalam distribusi itu, tandas Iman, juga mendapat pengawalan dari Polres Boyolali.

Sementara, dari hasil penyortiran dan pelipatan surat suara, Iman menjelaskan terdapat 1.585 surat suara yang rusak. Namun, dari jumlah kerusakan itu, masih bisa diganti dengan cadangan yang ada.
“Jika kurang, kita tetap akan meminta percetakan untuk menambah,” papar dia
.
Ketua KPU Boyolali Ribut Budi Santoso menyatakan sesuai dengan aturan yang ada surat undangan atau formulir C6 harus disampaikan H-3 kepada para pemilih.

Terpisah, Kapolres Boyolali AKBP Agus Suryonugroho menyatakan dengan telah dilakukan distribusi logistik Pilkada itu, masih ada sekitar sembilan hari logistic berada di PPK. Hal itu sangat rawan terjadinya tindak kecurangan maupun hal-hal yang bisa mengacaukan pelaksanaan Pilkada 9 Mei mendatang.

fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya