SOLOPOS.COM - Para siswa SMAN 1 Banyudono, Boyolali, menerima sosialisasi e-voting oleh anggota KPU Boyolali Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Pargito, di sekolah setempat, Kamis (15/12/2016). (Aries Susanto/JIBI/Solopos)

Pemilih muda Boyolali endapat sosialisasi tentang e-voting.

Solopos.com, BOYOLALI – Kalangan pemilih pemula menjadi sasaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali dalam menyosialisasikan elektronik voting atau e-voting. KPU pun gencar melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggota KPU Boyolali Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Pargito, mengatakan e-voting akan menjadi tren baru dalam hajatan demokrasi ke depan. Menurut Pargito, pada 2017 nanti akan banyak pesta demokrasi, baik di level desa, kabupaten, atau provinsi, yang menggunakan sistem e-voting.

Ekspedisi Mudik 2024

Bahkan, pemilihan presiden dan wakil rakyat diprediksi akan memakai sistem e-voting. “Ini tren di negara-negara maju. Boyolali sudah mengawali pemilihan dengan sistem e-voting saat pilkades serentak awal bulan ini,” ujarnya di sela-sela sosialisasi e-voting kepada para siswa SMAN 1 Banyudono, Kamis (15/12/2016).

Dalam kesempatan itu, KPU berinteraksi dengan para siswa dan para guru. KPU memancing pertanyaan seputar masalah pemilu, sejarahnya, serta perjalanan bangsa Indonesia dalam menggelar pemilu. Para siswa yang berani mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan, langsung mendapatkan hadiah dari tim dari KPU.

Menurut Pargito, siswa-siswi SMA adalah calon pemilih pemula. Jumlah mereka sangat besar dan berpeluang memperbaiki kualitas demokrasi negeri ini. Itulah sebabnya, kata Pargito, KPU menyosialisasikan pentingnya hak pilih setiap warga dalam menentukan calon pemimpinnya.

“Sosialisasi kali ini sudah kesekian kalinya. September lalu, sekolah-sekolah di Boyolali juga menggelar pemilihan ketua OSIS serentak yang diinisiasi KPU. Ini bagian dari pendidikan politik sejak dini,” paparnya.

Kepala SMAN 1 Banyudono, Suyanta, sangat mendukung kegiatan KPU tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat berguna bagi para siswa yang merupakan calon pemilih pemula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya