SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KPU Gunungkidul harus bekerja ekstra keras untuk melayani penyerahan salinan bukti keanggotaan partai politik
Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – KPU Gunungkidul harus bekerja ekstra keras untuk melayani penyerahan salinan bukti keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2019 di hari terakhir penerimaan yang jatuh pada Senin (16/10/2017).

Mereka pun siap menerima berkas pendaftaran hingga pukul 23.59 WIB, selepas dari tenggat waktu tersebut maka penyerahan akan ditolak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diprediksi pada hari terakhir penerimaan akan banyak partai yang menyerahkan berkas ke KPU Gunungkidul. Pasalnya hingga Minggu (15/10/2017), baru ada delapan parpol yang menyerahkan berkas tersebut. Padahal jika mengacu pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) terdapat 32 partai yang mengisi aplikasi milik KPU tersebut.

Ketua KPU Gunungkidul M Zaenuri Ikhsan mengatakan, penyerahan berkas salinan keanggotaan ini sangat penting. Meski telah mengisi data dalam aplikasi Sipol, namun tidak menyerahkan berkas salinan hingga batas waktu yang ditentukan maka partai tersebut dinyatakan tidak memenuhi persyaratan.

Sebagai dampaknya, peluang untuk mengikuti Pemilu 2019 makin menipis karena setiap partai diwajibkan memenuhi persyaratan kepengurusan sebanyak 100% di tingkat provinsi, 75% di tingkat kabupaten-kota, serta 50% di tingkat kecamatan.

“Masih ditunggu. Besok [hari ini] kami akan lembur karena masa pendaftaran akan dibuka hingga tengah malam,” kata Ikhsan kepada Harianjogja.com, Minggu (15/10/2017).

Dia mengungkapkan, satu hari jelang penutupan belum semua partai yang mengisi aplikasi Sipol menyerahkan berkas keanggotaan sebagai persyaratan calon peserta Pemilu 2016. Dari 32 partai yang mengisi, baru delapan parpol yang menyerahkan dan berkasnya dinyatakan lengkap.

“Kemungkinan partai-partai lain akan menyerahkan besok [hari ini]. Untuk hari ini [kemarin] ada tiga partai yang menyerahkan berkas,” katanya lagi.

Tiga partai ini di antaranya PKS, Golkar dan satu partai baru bernama Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda). Untuk hari terakhir pendaftaran, Ikhsan pun berharap agar pengurus yang ingin menyerahkan berkas dilaksanakan pada pagi hari.

Hal ini bertujuan agar saat terjadi kekurangan dapat melengkapi sebelum masa pendaftaran ditutup. “Ini imbauan kami. Jadi datangnya jangan mepet-mepet sehingga masih ada waktu untuk perbaikan saat ada kesalahan,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya