SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, BATANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada pelaksanaan Pemilu 2019 mampu mencapai 77,5% dari 606.290 nama dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Ketua KPU Batang Nur Tofan mengatakan bahwa KPU optimistis tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 bisa menembus angka 77,5% meskipun realisasi perolehan suara Pilgub Jateng 2018 hanya mencapai 63,72%. “Kami optimistis tingkat kehadiran pemilih pada Pemilu 2019 mampu mencapai target, yaitu 75% karena kegiatan sosialisasi yang dilakukan penyelenggara pemilu itu dianggap lebih gencar dan masif dibandingkan saat penyelenggaraan Pilgub 2018,” katanya di Batang, Jawa Tengah, Sabtu (26/1/2019).

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Ia mengatakan, saat ini, KPU terus gencar melakukan sosialisasi baik bertemu langsung dengan masyarakat maupun melalui media sosial, dan pemberitaan atau informasi kepemiluan oleh media cetak maupun elektronik. Selain itu, kata dia, pencapaian target 77,5% juga mempertimbangkan dengan adanya dukungan dari berbagai elemen antara lain pemerintah, komunitas, NGO atau lembaga swadaya masyarakat, dan melibatkan puluhan masyarakat yang telah direkrut menjadi sukarelawan demokrasi.

“Rasa optimistis ini, kami dasarkan pada data pemilih yang semakin akurat serta sosialisasi yang masif oleh penyelenggara, baik oleh KPU dari KPU RI hingga KPPS dengan dibantu oleh relawan demokrasi di setiap kabupaten/kota sebanyak 55 orang di 10 basis,” katanya.

Menurut dia, gelaran kampanye oleh peserta pemilu yang relatif cukup panjang yaitu sekitar enam bulan ini juga diharapkan mampu mendongkrak tingkat partisipasi pemilih. “Persentase kehadiran pemilih pada Pileg 2014 di Kabupaten Batang mencapai 77,80% dan Pilpres sebesar 73,07%. Oleh karena, dengan lebih gencarnya melakukan sosialisasi pada Pemilu 2019 ini, kami optimistis dan yakin bisa mencapai target yang telah ditentukan,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya