Tutup Iklan

KPU Banyumas Tetapkan DPRD, Begini Komposisinya…

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menetapkan 50 calon terpilih anggota DPRD setempat hasil Pemilihan Umum Serentak 17 April 2019. Keputusan itu dibuat setelah Mahkamah Konstitusi menuntaskan seluruh sengketa Pemilu 2019.

KPU Banyumas Tetapkan DPRD, Begini Komposisinya…

SOLOPOS.COM - Anggota KPU Kabupaten Banyumas menandatangani berita acara penetapan jumlah perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Banyumas pada Pemilu 2019 dengan disaksikan Ketua Bawaslu Kabupaten Banyumas Miftahudin (kiri) di Purwokerto, Minggu (11/8/2019). (Antara-Sumarwoto)

Solopos.com, PURWOKERTO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menetapkan 50 calon terpilih anggota DPRD setempat hasil Pemilihan Umum Serentak 17 April 2019. Keputusan itu dibuat setelah Mahkamah Konstitusi menuntaskan seluruh sengketa Pemilu 2019.

"Malam ini, kami telah menetapkan perolehan jumlah kursi partai politik dan 50 calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Banyumas," kata Pelaksana Harian Ketua KPU Kabupaten Banyumas Suharso Agung Basuki seusai Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Jumlah Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Banyumas Pada Pemilu Tahun 2019 di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (11/8/2019) malam.

Menurut dia, penetapan tersebut dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi pada tanggal 7 Agustus 2019 memutuskan menolak gugatan yang diajukan oleh PDIP terkait dengan hitungan perolehan suara di Daerah Pemilihan 5 Banyumas. Dengan demikian, kata dia, tahapan-tahapan Pemilu Serentak 2019 telah selesai dan setelah berita acara beserta surat keputusan penetapan tersebut dikeluarkan oleh KPU Kabupaten Banyumas akan langsung diserahkan kepada Bupati Banyumas.

Selanjutnya, Bupati Banyumas akan membuatkan surat untuk diteruskan ke Gubernur Jawa Tengah agar dibuatkan surat keputusan terkait dengan pelantikan serta pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Kabupaten Banyumas periode 2019-2024. "Malam ini juga akan kami serahkan kepada Bapak Bupati melalui Pak Wakil Bupati Banyumas yang hadir dalam acara ini. Akan saya serahkan malam ini juga, tidak menunggu besok, agar Setwan [Sekretariat DPRD] dan Bagian Tata Pemerintahan Setda Banyumas bisa koordinasi langsung dengan Bupati untuk tanda tangan, sehingga surat bisa meluncur ke Gubernur Jawa Tengah besok," tuturnya.

Menurut dia, hal itu bukan berarti mengejar waktu karena pihaknya punya selang waktu tiga hari setelah penetapan untuk menyerahkan surat usulan pelantikan kepada Bupati Banyumas meskipun masa jabatan anggota DPRD Kabupaten Banyumas periode 2014-2019 akan berakhir pada tanggal 20 Agustus. Terkait dengan komposisi 50 calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Banyumas, Agung mengatakan sebanyak 25 orang di antaranya wajah baru, sedangkan 25 orang sisanya merupakan wajah lama.

"Sementara untuk calon terpilih yang berasal dari kaum perempuan sebanyak sembilan orang. Kami belum mendata siapa yang tertua dan siapa yang termuda," ujarnya sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Senin (12/8/2019).

Anggota KPU Banyumas lainnya, Hanan Wiyoko mengatakan dalam rapat pleno tersebut juga telah ditetapkan perolehan kursi partai politik di DPRD Kabupaten Banyumas, yakni PDIP sebanyak 17 kursi, PKB delapan kursi, Partai Gerindra tujuh kursi, Partai Golkar enam kursi, PKS empat kursi, PAN tiga kursi, Partai NasDem dua kursi, PPP dua kursi, dan Partai Demokrat satu kursi. Ia mengatakan perolehan tersebut jika dibandingkan dengan Pemilu 2014, diketahui bahwa PDIP, Partai Gerindra, PKB, dan Partai NasDem masing-masing bertambah satu kursi, PAN dan PPP berkurang satu kursi, serta Partai Demokrat berkurang dua kursi, sedangkan PKS tetap.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Innalillahi, Sesepuh Dalang Klaten Ki Tomo Pandoyo Meninggal Dunia

Ki Tomo Pandoyo, 62, dalang asal Klaten meninggal dunia pada Minggu (20/6/2021). Ki Tomo dikenal sebagai sosok sesepuh para dalang Kabupaten Bersinar.

Dihadiri 300 Tamu, Hajatan Pernikahan Di Wisma Boga Solo Baru Sukoharjo Dibubarkan Paksa

Hajatan pernikahan di Wisma Boga, Solo Baru, Sukoharjo, dibubarkan Satgas Covid-19 Kecamatan Grogol, karena melanggar SE Bupati tentang PPKM.

Tabuh Genderang Perang, Petani Miri Sragen Bisa Basmi 26.516 Ekor Tikus

Sebanyak 1.150 petani di lima desa di Kecamatan Miri, Sragen, menabuh genderang perang melawan koloni tikus melalui kegiatan geropyokan yang digelar Minggu (20/6/2021) pagi.

Tinggal Sendirian, Seorang Perempuan Ditemukan Membusuk Di Kamar Indekos Sukoharjo

Seorang perempuan yang bekerja sebagai buruh dan tinggal seorang diri ditemukan membusuk di kamar indekosnya di Grogol, Sukoharjo.

Aktivis Sekolah Sungai Klaten yang Meninggal Dunia Pernah Dapat Penghargaan Dari BNPB

Aktivis Sekolah Sungai Klaten, Arif Fuad Hidayah, 40, meninggal dunia pada Minggu (20/6/2021). Ternyata, Arif pernah menerima penghargaan dari BNPB.

Beredar Foto IGD Untuk Pasien Covid-19 RSUD Wonogiri Penuh, Cek Faktanya!

Foto ruang IGD pasien Covid-19 RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri dalam kondisi penuh beredar di media sosial, faktanya?

Jadwal Siaran Langsung dan Live Streaming Euro 2020 Malam Ini: Italia Vs Wales, Swiss Vs Turki

Piala Eropa atau Euro 2020 kembali bergulir pada Minggu (20/6/2021). Jadwal pertandingan menunjukkan duel Italia vs Wales dan Swiss vs Turki di Grup A.

KA Nusa Tembini Susuri Rute Jogja - Cilacap, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya

PT Kereta Api Indonesia akan meluncurkan kereta api baru KA Nusa Tembini relasi Cilacap - Yogyakarta pergi pulang (PP) pada 2 Juli 2021 mendatang.

Kronologi Penemuan Kerangka Mayat di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Warga menemukan kerangka mayat di hutan Gunung Pegat di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021), saat mencari ranting.

Ini Identitas Kerangka Mayat yang Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan di kawasan hutan Gunung Pegat tepatnya di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).

Yamaha Motor Punya Desain Klasik FZ-X Seharga Rp23 Juta

Pabrikan sepeda motor Yamaha mengeluarkan satu lagi varian klasik FZ-X berkpaitas mesin 150 cc seharga Rp23 juta untuk pangsa pasar India.

Gempar! Kerangka Mayat Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan warga di sekitar Gunung Pegat, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).