KPU Banyumas Tetapkan DPRD, Begini Komposisinya…

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menetapkan 50 calon terpilih anggota DPRD setempat hasil Pemilihan Umum Serentak 17 April 2019. Keputusan itu dibuat setelah Mahkamah Konstitusi menuntaskan seluruh sengketa Pemilu 2019.

KPU Banyumas Tetapkan DPRD, Begini Komposisinya…

SOLOPOS.COM - Anggota KPU Kabupaten Banyumas menandatangani berita acara penetapan jumlah perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Banyumas pada Pemilu 2019 dengan disaksikan Ketua Bawaslu Kabupaten Banyumas Miftahudin (kiri) di Purwokerto, Minggu (11/8/2019). (Antara-Sumarwoto)

Solopos.com, PURWOKERTO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menetapkan 50 calon terpilih anggota DPRD setempat hasil Pemilihan Umum Serentak 17 April 2019. Keputusan itu dibuat setelah Mahkamah Konstitusi menuntaskan seluruh sengketa Pemilu 2019.

"Malam ini, kami telah menetapkan perolehan jumlah kursi partai politik dan 50 calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Banyumas," kata Pelaksana Harian Ketua KPU Kabupaten Banyumas Suharso Agung Basuki seusai Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Jumlah Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Banyumas Pada Pemilu Tahun 2019 di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (11/8/2019) malam.

Menurut dia, penetapan tersebut dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi pada tanggal 7 Agustus 2019 memutuskan menolak gugatan yang diajukan oleh PDIP terkait dengan hitungan perolehan suara di Daerah Pemilihan 5 Banyumas. Dengan demikian, kata dia, tahapan-tahapan Pemilu Serentak 2019 telah selesai dan setelah berita acara beserta surat keputusan penetapan tersebut dikeluarkan oleh KPU Kabupaten Banyumas akan langsung diserahkan kepada Bupati Banyumas.

Selanjutnya, Bupati Banyumas akan membuatkan surat untuk diteruskan ke Gubernur Jawa Tengah agar dibuatkan surat keputusan terkait dengan pelantikan serta pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Kabupaten Banyumas periode 2019-2024. "Malam ini juga akan kami serahkan kepada Bapak Bupati melalui Pak Wakil Bupati Banyumas yang hadir dalam acara ini. Akan saya serahkan malam ini juga, tidak menunggu besok, agar Setwan [Sekretariat DPRD] dan Bagian Tata Pemerintahan Setda Banyumas bisa koordinasi langsung dengan Bupati untuk tanda tangan, sehingga surat bisa meluncur ke Gubernur Jawa Tengah besok," tuturnya.

Menurut dia, hal itu bukan berarti mengejar waktu karena pihaknya punya selang waktu tiga hari setelah penetapan untuk menyerahkan surat usulan pelantikan kepada Bupati Banyumas meskipun masa jabatan anggota DPRD Kabupaten Banyumas periode 2014-2019 akan berakhir pada tanggal 20 Agustus. Terkait dengan komposisi 50 calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Banyumas, Agung mengatakan sebanyak 25 orang di antaranya wajah baru, sedangkan 25 orang sisanya merupakan wajah lama.

"Sementara untuk calon terpilih yang berasal dari kaum perempuan sebanyak sembilan orang. Kami belum mendata siapa yang tertua dan siapa yang termuda," ujarnya sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Senin (12/8/2019).

Anggota KPU Banyumas lainnya, Hanan Wiyoko mengatakan dalam rapat pleno tersebut juga telah ditetapkan perolehan kursi partai politik di DPRD Kabupaten Banyumas, yakni PDIP sebanyak 17 kursi, PKB delapan kursi, Partai Gerindra tujuh kursi, Partai Golkar enam kursi, PKS empat kursi, PAN tiga kursi, Partai NasDem dua kursi, PPP dua kursi, dan Partai Demokrat satu kursi. Ia mengatakan perolehan tersebut jika dibandingkan dengan Pemilu 2014, diketahui bahwa PDIP, Partai Gerindra, PKB, dan Partai NasDem masing-masing bertambah satu kursi, PAN dan PPP berkurang satu kursi, serta Partai Demokrat berkurang dua kursi, sedangkan PKS tetap.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.

Transpuan Hollywood Ini Pernah Sambangi Magelang

Sosok yang pernah menjadi ayah tiri dari selebriti penuh sensasi, Kim Kadarshian, ini pernah menyambangi Magelang.

Liburan Cari Ikan, Bakul Bakso Tewas Kena Alat Setrum Punya Sendiri

Pedagang bakso di Grobogan, Jawa Tengah tewas setelah tersengat listrik dari alat setrum ikan milik sendiri saat mencari ikan.

Tolong Temannya yang Tercebur di Sungai, Pemuda Sukoharjo Tenggelam dan Meninggal Dunia

Seorang pemuda bernama Adam Susanto, warga Desa Triyagan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo tenggelam di sungai di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban.

Tambah 3 Lagi, 6 Jasad Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Ketemu

Sebanyak enam dari sembilan korban perahu terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali ditemukan dan telah dievakuasi ke RSUD Waras Wiris.

19 Pengendara Sepeda Motor Terjaring Razia Masker

Sebanyak 19 pengguna jalan terjaring razia masker saat melintas dengan sepeda motor di depan Kantor Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Sabtu (15/5/2021).

Makan di Restoran Kawasan WGM Ini Serasa Ada di Tepi Pantai

Kawasan dekat Wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri ada banyak rumah makan. Salah satunya Rumah Makan Nila Kencana.