SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara pemilu (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, BANTUL–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul menargetkan Pemilu Legislatif 9 April 2014 mendatang mencapai tingkat partisipasi politik sekurang-kurangnya 75%.

Upaya keras itu dilakukan KPU salah satunya dengan merekrut puluhan Relawan Demokrasi (relasi) yang akan bekerja melakukan sosialisasi masyarakat untuk mendorong sampainya berbagai informasi penting penyelenggaraan pemilu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Bantul Titik Istiyawatun Khasanah mengatakan, relawan demokrasi terdiri dari 25 orang yang telah terbentuk siap untuk terjun ke masyarakat guna melakukan sosialisasi pemilu.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kegiatan sosialisasi para relawan demokrasi (relaksi) ini cukup positif untuk menggugah kesadaran masyarakat sehingga mendongkrak tingkat partisipasi politik pemilu 2014,” kata Ttitik, Kamis (16/1/2014).

Secara teknis kerja Relasi Bantul akan menyasar lima segmen pemilih seperti pemilih pemula, basis agama, basis perempuan, disabilitas dan segmen masyarakat di kawasan pinggiran dengan harapan sosialisasi bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Relasi dibentuk KPU Bantul sejak pertengahan November 2013 lalu telah melakukan serangkaian kegiatan sosialisasi dengan pola kerja community organizer.

Pola melakukan sosialisasi tidak hanya melalui pertemuan-pertemuan, tetapi juga melalui diskusi informal dengan masyarakat bertujuan membangun daya pikir kritis dan pemilik cerdas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya